Tips Cara Memilih & Membeli Sepeda Motor Baru

Salah satu penyebab kemacetan lalu lintas saat ini adalah karena semakin banyaknya kendaraan yang memadati jalan. Hal ini salah satunya dikarenakan banyak diantara mereka memilih untuk membawa kendaraan sendiri, dengan alasan sarana angkutan umum yang kurang layak, kejahatan yang semakin merajalela dan alasan-alasan lainnya. Mobil dan sepeda motor saat ini mendominasi penggunaan setiap ruas jalan terutama di kota-kota besar seperti Jakarta dan kota-kota lainnya. Kita sering melihat situasi jalanan yang begitu padatnya pada saat masyarakat akan berangkat kerja maupun pulang kerja, betapa banyaknya volume kendaraan yang setiap waktu melintas.

Untuk mengatasi kemacetan yang luar biasa tersebut, sebagian masyarakat menyiasatinya dengan kendaraan yang lebih bisa bersahabat saat kemacetan terjadi. Salah satu kendaraan yang bisa menjadi alternatif untuk menghindari kemacetan tersebut adalah kendaraan roda dua atau sepeda motor. Mereka banyak memilih menggunakan sepeda motor, mereka beranggapan bahwa sepeda motor lebih bisa melintas di tengah-tengah kemacetan lalu lintas. Dan sepeda motor juga sangat simple bila digunakan untuk keperluan transportasi baik di komplek-komplek maupun jalan-jalan sempit. Bahkan sepeda motor pun sangat hemat tempat, tidak perlu garasi yang luas bahkan ia bisa dimasukkan ke dalam rumah. Dan banyak lagi keuntungan sarana transportasi sepeda motor ini.

Bagi Anda yang berminat untuk membeli sepeda motor, maka ada beberapa tips yang mungkin akan membantu Anda dalam mencari pilihan yang tepat bagi Anda. Berikut ini tips yang Best Tips Tricks Collection sarankan, diantaranya :

1. Tentukan pilihan yang paling sesuai hati dan kebutuhan keluarga Anda.

Menentukan pilihan sebelum Anda membeli sepeda motor adalah hal yang paling awal harus Anda lakukan. Anda dapat menentukan pilihan jenis dan model sepeda motor berdasarkan pengalaman Anda sendiri sebelumnya (jika Anda telah memiliki motor sebelumnya) dan tentunya bertanya pada orang lain yang telah menggunakan sepeda motor pilihan Anda (bila Anda belum memiliki sepeda motor sebelumnya). Pilihlah sepeda motor yang sesuai selera dan kebutuhan Anda serta keluarga.

2. Kunjungi dealer resmi maupun showroom terdekat.

Mengunjungi langsung dealer resmi maupun showroom terdekat akan lebih baik bila Anda lakukan. Hal ini selain akan memberikan kepuasan tersendiri karena bisa melihat langsung wujud motor pilihan Anda, juga dapat menanyakan langsung tentang segala hal tentang motor incaran Anda. Terkadang banyak brosur yang kurang bisa memaparkan semua hal tentang sepeda motor tertentu.

3. Carilah referensi produk sebanyak mungkin.

Saya menyarankan, bila Anda ingin meminimalisir kekecewaan terhadap pilihan Anda suatu saat nanti, dan belum menyempatkan diri mengunjungi dealer resmi maupun showroom terdekat, maka perbanyklah mencari referensi terhadap produk pilihan Anda. Anda bisa mencari referensi dari berbagai brosur, media iklan, pameran, teman, internet, maupun referensi dari media lainnya. Hal ini akan menambah wawasan Anda terhadap berbagai hal tentang pilihan Anda baik keunggulan maupun kelemahannya.

4. Perhatikan dan pelajari mekanisme "After Sales Services".

Hal lain yang perlu Anda perhatikan di awal perencanaan Anda adalah "After Sales Services" atau layanan purna jualnya. Dengan mengetahui banyak "After Sales Services", maka Anda akan merasa nyaman bahkan merasa dimanjakan sebagai konsumen. Banyak pabrikan motor memberikan "After Sales Services" sebagai perangsang bagi para calon konsumennya, baik itu layanan servis gratis, pemberian produk-produk ternentu, serta layanan lainnya. Bahkan sebagian orang berpendapat bahwa harga jual kembali sepeda motor tersebut merupakan bagian dari "After Sales Services". Pastikan semuanya telah menjadi sebuah keputusan tertulis dealer resmi, showroom maupun pihak pabrikannya.

5. Pastikan sepeda motor pilihan Anda memiliki banyak bengkel resmi.

Saat Anda akan membeli sepeda motor, saya menyarankan agar mempelajari dan mencari informasi tentang keberadaan bengkel resmi sepeda motor tersebut. Jangan sampai Anda membeli motor namun sulit melakukan servis, terlebih pada saat terjadi kerusakan dan saat akan mengganti spare part sepeda motor Anda. Dan usahakan Anda membeli sepeda motor yang mempunyai bengkel resmi di sekitar tempat tinggal Anda. Hal ini akan mempermudah Anda pada saat terjadi kerusakan atau akan melakukan penggantian spare part sepeda motor kesayangan Anda.

6. Pastikan garansi pabrik sepeda motor berjalan semestinya.

Sepeda motor resmi pabrikan ternama, biasanya memiliki garansi produk. Hal ini untuk memberikan ketenangan dan kenyamanan kepada konsumen bila suatu saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Dengan demikian maka Anda harus aktif dalam mencari informasi tentang garansi kendaraan ini, agar ada kepastian dan jaminan terhadap produk yang akan Anda beli. Umumnya, garansi pabrikan ini menyangkut mesin dan spare part lainnuya. Pastikan juga bahwa garansi sepeda motor Anda telah sesuai administrasi dan manajemen yang baik. Bertanya kepada orang yang telah menggunakan produk seperti pilihan Anda adalah cara yang terbaik untuk menguji kebenaran garansi yang diberikan.

7. Uji produk secara langsung.

Untuk menguji produk pilihan Anda atau minimal menungganginya, terkadang ada beberapa dealer yang membolehkannya walaupun hanya sekedar menghidupkan mesin dan menungganginya. Namun bila Anda kurang puas, maka Anda bisa meminjam sepeda motor teman, saudara maupun orang lain yang kebetulan memilki sepeda motor sesuai pilihan Anda. Dengan uji produk secara langsung ini, minimal Anda akan merasakan bagaimana keadaan dan kenyamanan sepeda motor Anda saat dimiliki dan digunakan nanti. Sehingga keyakinan Anda terhadap pilihan Anda benar-benar semakin mantap di hati.

8. Sesuaikan pilihan Anda dengan kemampuan keuangan Anda.

Dengan mempertimbangkan keadaan keuangan Anda, maka Anda akan lebih leluasa memilih sepeda motor pilihan Anda. Bila keadaan keuangan Anda memungkinkan, maka pilihlah yang lebih baik kualitasnya dan tentunya harganya pun akan sebanding dengan kualitasnya. Selain itu, semakin tinggi harga sebuah sepeda motor, maka biaya servis dan perawatannya pun akan semakin tinggi pula. Bila Anda mampu membeli sepeda motor dengan harga tinggi, dan Anda mampu dengan biaya servis dan perawatannya, maka silahkan Anda melakukannya. Namun apabila keadaan keuangan Anda tidak memungkinkan dan ada kekhawatiran biaya servis dan perawatannya akan membebani Anda dan keluarga, maka pilihlah sepeda motor dengan harga yang terjangkau dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda serta keluarga saja.

Semoga dengan tips-tips sederhana yang Best Tips Tricks Collection sarankan ini, akan bermanfaat bagi Anda yang berniat akan membeli sepeda motor baru. Dalam hal ini, maka Anda harus menjadi diri Anda sendiri, karena Anda yang akan memanfaatkan dan menggunakan kendaraan tersebut. Bila Anda telah melakukannya dengan kehati-hatian, maka saya yakin Anda akan jauh dari rasa penyesalan suatu saat nanti.



Artikel Terkait:

0 comments:

Tips Menghindari Penipuan Berkedok Asuransi

Pemilik (Cadangan) Emas Terbesar Dunia, Indonesia Di nomor 37

Mengintip Tips Perjalanan Para Eksekutif Bisnis

Blue Ocean Strategy

Tips Membeli Emas Batangan, Emas Perhiasan & Emas Putih

Sales People: Amatir VS Professional

7 Kesalahan Terbesar dalam Marketing

Keterampilan Dasar Sales: Sudahkah Anda Miliki?

10 Konsep Marketing untuk Usaha Kecil

Peluang Usaha di Tahun 2010 yang Bakal Exis

8 Point Sederhana untuk Merebut Peluang Bisnis

9 Langkah Sukses Entrepreneur

10 Cara Efektif Mengurangi Hutang-Hutang Anda

Wanita-Wanita Berpengaruh dalam Bisnis

Kiat Sukses Usaha Waralaba

Bagaimana Mendanai Usaha?

Mengapa Hanya Sedikit Orang yang Sukses ?

Investasi di Bisnis Online, Kenapa Tidak?

Tak Takut Kaya, Tak Takut Miskin

Membuat Pelanggan Senang Berbelanja di Toko Anda

Tips Meningkatkan Pendapatan Adsense

Kunci Menuju Great Customer Service

Menciptakan Service Excellence Untuk Layanan Online

4 Kunci Utama dalam Melayani Pelanggan

Mengenali Faktor-faktor Kepuasan Pelanggan

Cara Memasarkan Produk Bisnis Online

Tips Bisnis Online Pemula :)

Tips Memulai Usaha Makanan

Tips Membangun Bisnis Cafe

Karakteristik Pengusaha Sukses

7 Tips Menjalankan Peluang Usaha Rumahan

Sukses Mengelola Wirausaha/Bisnis Online

Tips Cerdas dan Aman Memilih Asuransi

Tips Ampuh Menghapus Hutang Kartu Kredit

Tips Cerdas Menjadi Seorang Jutawan

5 Aspek Kesuksesan

5 Hukum Investasi Sepanjang Masa

Usaha Dengan Modal di Bawah 1 Juta

Pilih Investasi yang Menguntungkan

Inilah Siklus Karir Anda

4 Modal Menjadi Entrepreneur (Ternyata Bukan Uang)

Bagaimana Menjadi Komunikasi Yang Handal

Bodoh VS Pintar ala Bob Sadino

Contoh Usaha Mandiri

Apakah Mimpi Anda di Dalam Hidupmu?

How To Start a Business

Pilih Cara Mana Menerjuni Dunia Bisnis?

Memulai Usaha Sendiri

Cara Mem-Franchise-kan Usaha Anda