10 Konsep Marketing untuk Usaha Kecil

Lebih dari beberapa dekade semakin banyak orang yang dipecat, perampingan perusahaan atau bosan dengan pekerjaan korporat dan mengambil jalan sebagai pengusaha. Sayangnya, kebanyakan pengusaha baru gagal dalam membuat marketing plan atau strategi. Ada banyak konsep marketing untuk usaha kecil dan perencanaannya, tapi disini kami mendata 10 konsep marketing teratas untuk UKM.


Konsep Marketing 1: Konsistensi


Konsistensi adalah konsep marketing nomor satu untuk pemasaran untuk usaha kecil hanya karena ini meningggalkan konsep marketing untuk banyak bisnis. Saya sudah bekerja dengan banyak klien, besar dan kecil, yang tidak konsisten dengan semua area marketingnya. Konsistensi membantu mengurangi biaya marketing dan meningkatkan efektivitas branding.
Konsep Marketing 2: Perencanaan

Ketika pengusaha memutuskan untuk konsisten dengan marketingnya, perencanaan adalah konsep selanjutnya yang penting untuk dilakukan.Perencanaan adalah bagian vital dalam pemasaran usaha kecil atau level marketing manapun, karena itu, dan banyaknya pengusaha, manajer marketing yang membuat perencanaan yang buruk. Luangkan waktu untuk merencanakan strategi marketing, anggaran, dan konsep-konsep lainnya yang dijabarkan disini.

Konsep Marketing 3: Strategi

Strategi dengan segera mengikuti perencanaan karena strategi Anda adalah dasar untuk kelanjutan kegiatan marketing Anda. Pada proses perencanaan, Anda harus mengembangkan strategi Anda: siapa target Anda, bagaimana Anda membidik mereka, dan bagaimana Anda menjaga mereka sebagai pelanggan Anda.

Konsep Marketing 4: Target Market

Target market adalah konsep kunci lainnya untuk marketing usaha kecil. Dengan mendefinisikan secara tepat siapa yang Anda tuju memungkinkan pengusaha kecil untuk fokus pada konsumen tertentu dan mengurangi marketing yang sia-sia. Target market yang terdefinisi dengan jelas akan membuat konsep marketin menjadi lebih mudah diimplementasikan.

Konsep Marketing 5: Anggaran

Meskipun terdaftar diurutan no 5, anggaran adalah penting untuk proses keseluruhan. Menciptakan anggaran marketing biasanya adalah bagian yang terberat dan paling tidak akurat di dalam usaha kecil. Kebanyakan pengusaha kecil kurang memiliki pengalaman dalam hal pemasaran, sehingga yang sering terjadi anggaran menjadi kacau. Bagian terpenting dalam konsep marketing ini adalah menetapkan anggaran marketing. Dari sini, Anda bisa khawatir bagaimana Anda mendistribusikan dana yang tersedia.
Konsep Marketing 6: Marketing Mix

Marketing mix biasanya dijabarkan sebagai produk, harga, tempat, dan promosi. Sebagai pengusaha kecil, Anda harus memutuskan dengan spesifik produk (atau jasa), harga yang sesuai, dimana dan bagaimana Anda akan mendistribusikan produk Anda, dan bagaimana orang lain tahu tentang Anda dan produk Anda.

Konsep Marketing 7: Website

Di pasar saat ini, bisnis dalam ukuran apapun harus memiliki website. Saya tidak suka saat melihat sebuah bisnis yang memiliki satu halaman website dengan informasi yang tidak up to date. Konsumen, apakah sebagai bisnis atau pengguna, lebih dari 60% mencari informasi dari internet sebelum membuat keputusan membeli. Konsep marketing ini berdiri dari beberapa komponen tambahan, tapi setidaknya Anda harus mengembangkan sebuah web kecil atau sejenisnya dan selalu meng-updatenya.

Konsep Marketing 8: Branding

Banyak pengusaha kecil yang juga mengingkari konsep ini. Marketing usaha kecil harus fokus pada konsep marketing ini seperti yang dilakukan oleh perusahaan besar. Branding terdiri dari gambar, logo, skema desain, layout, make up, dan bambar produk bahkan perusahaan Anda. Branding adalah bagaimana konsumen menerima produk dan perusahaan Anda. Pastikan untuk memberikan perhatian khusus pada jenis brand apa yang Anda bangun melalui masing-masing langkah perencanaan dan implementasi.

Konsep Marketing 9: Promosi dan iklan

Promosi dan iklan adalah konsep marketing yang kompleks, tapi harus dipertimbangkan di berbagai jenis bisnis dan produk serta jasanya. Ketika Anda menghadapi 8 konsep marketing, Anda pada akhirnya membuat target market Anda tahu Anda dan produk Anda. Promosi dan pengiklanan yang baik akan menghasilkan pengakuan brand yang efektif, dan meningkatkan sales.

Konsep Marketing 10: Customer Relationship Management (CRM)

Konsep customer relationship management telah menjadi industri yang besar dalam dunia marketing. Ada banyak piranti lunak dan jasa yang ditawarkan untuk membantu bisnis dengan berbagai ukuran dalam menangani customer relationship management. Karena ketersediaannya yang begitu besar, biasanya dibutuhkan sejumlah uang yang besar, pengusaha kecil biasanya melihat konsep ini sebagai sesuatu yang terlalu besar bagi mereka atau memerlukan dana yang besar untuk implementasinya. Jangan terjebak dengan industri masal yang dikembangkan dari konsep ini. Menjaga customer relationship management yang tepat adalah penting untuk menciptakan konsumen yang loyal dan konsisten.

Tentu saja marketing Anda tidak berhenti di sini. Masing-masing bisnis unik dan memiliki komponen tambahan yang harus dipertimbangkan, tapi daftar ini akan memulai marketing plan.

source: www.suaramedia.com



Artikel Terkait:

0 comments:

Tips Menghindari Penipuan Berkedok Asuransi

Pemilik (Cadangan) Emas Terbesar Dunia, Indonesia Di nomor 37

Mengintip Tips Perjalanan Para Eksekutif Bisnis

Blue Ocean Strategy

Tips Membeli Emas Batangan, Emas Perhiasan & Emas Putih

Sales People: Amatir VS Professional

7 Kesalahan Terbesar dalam Marketing

Keterampilan Dasar Sales: Sudahkah Anda Miliki?

10 Konsep Marketing untuk Usaha Kecil

Peluang Usaha di Tahun 2010 yang Bakal Exis

8 Point Sederhana untuk Merebut Peluang Bisnis

9 Langkah Sukses Entrepreneur

10 Cara Efektif Mengurangi Hutang-Hutang Anda

Wanita-Wanita Berpengaruh dalam Bisnis

Kiat Sukses Usaha Waralaba

Bagaimana Mendanai Usaha?

Mengapa Hanya Sedikit Orang yang Sukses ?

Investasi di Bisnis Online, Kenapa Tidak?

Tak Takut Kaya, Tak Takut Miskin

Membuat Pelanggan Senang Berbelanja di Toko Anda

Tips Meningkatkan Pendapatan Adsense

Kunci Menuju Great Customer Service

Menciptakan Service Excellence Untuk Layanan Online

4 Kunci Utama dalam Melayani Pelanggan

Mengenali Faktor-faktor Kepuasan Pelanggan

Cara Memasarkan Produk Bisnis Online

Tips Bisnis Online Pemula :)

Tips Memulai Usaha Makanan

Tips Membangun Bisnis Cafe

Karakteristik Pengusaha Sukses

7 Tips Menjalankan Peluang Usaha Rumahan

Sukses Mengelola Wirausaha/Bisnis Online

Tips Cerdas dan Aman Memilih Asuransi

Tips Ampuh Menghapus Hutang Kartu Kredit

Tips Cerdas Menjadi Seorang Jutawan

5 Aspek Kesuksesan

5 Hukum Investasi Sepanjang Masa

Usaha Dengan Modal di Bawah 1 Juta

Pilih Investasi yang Menguntungkan

Inilah Siklus Karir Anda

4 Modal Menjadi Entrepreneur (Ternyata Bukan Uang)

Bagaimana Menjadi Komunikasi Yang Handal

Bodoh VS Pintar ala Bob Sadino

Contoh Usaha Mandiri

Apakah Mimpi Anda di Dalam Hidupmu?

How To Start a Business

Pilih Cara Mana Menerjuni Dunia Bisnis?

Memulai Usaha Sendiri

Cara Mem-Franchise-kan Usaha Anda