Usaha Dengan Modal di Bawah 1 Juta

Di jaman sekarang di mana harga yang selalu naik dan berubah-ubah hampir setiap hari, siapa yang tidak ingin punya usaha sendiri? Untuk menyiasati keadaan seperti sekarang ini alangkah baiknya tidak hanya mengandalkan penghasilan dari satu sumber saja, mengingat kebutuhan tidak hanya untuk sehari-hari saja.

Memang untuk saat ini untuk berusaha selalu dibutuhkan uang yang lebih untuk menjalankan suatu usaha, tetapi juga perlu diingat, bahwa modal terutama dalam bentuk uang bukan syarat utama untuk menjalankannya. Keterampilan yang Anda miliki serta semangatyang tinggi untuk berusaha saja sudah merupakan modal yang sangat penting. Pada prinsipnya, dalam berusaha adalah bagaimana cara Anda untuk menggandakan modal awal yang dimiliki.

Untuk usaha di bawah Rp. 1 juta, ada beberapa yang bisa dilakukan. Baik barang maupun jasa. Untuk usaha di bidang jasa antara lain kursus musik, penitipan anak, bimbingan belajar. Sedangkan untuk usaha dalam bentuk barang bisa saja Anda menjual produk pangan seperti gorengan, kerupuk dari produsen dalam bentuk setengah jadi dan Anda tinggal menggoreng, atau dengan menjual pulsa elektronik.

Usaha yang menggunakan modal yang terbatas bisa dilakukan oleh semua orang, asalkan ada kemauan dan semangat yang tinggi untuk menjalankannya. Usaha seperti ini sebaiknya dilakukan di rumah. Anda tinggal melihat saja apa yang dibutuhkan untuk menjalankannya karena biaya bisa lebih ditekan. Untuk usaha dalam bidang barang, yang lebih diperlukan adalah kejelian dalam mengatur modal, sebab Anda dituntut bagaimana modal yang digunakan bisa berputar dan kembali dalam jangka waktu tertentu.

Sedangkan untuk bidang jasa yang diperlukan adalah keterampilan yang Anda miliki. Seperti penitipan anak, Anda harus mengetahui cara momong anak dan juga merawat anak. Sebab penitipan anak tidak hanya 1 atau 2 jam, melainkan sejak anak pulang sekolah hingga orang tua pulang kerja. Selain itu yang perlu diingat untuk bidang usaha jasa, Anda mesti bisa membangun jaringan agar usaha yang Anda jalankan cepat dikenal.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memulai usaha dengan modal di bawah Rp. 1 juta:

1. Hindari sewa tempat.

Usaha yang baru berjalan masih membutuhkan beberapa pembenahan terutama untuk promosi. Dengan modal yang terbatas, alangkah baiknya Anda menggunakan sarana yang telah dimiliki. Contohnya jual gorengan, Anda bisa menggunakan rumah sebagai tempat jualan. Selain itu Anda juga tidak perlu membeli peralatan masak lagi, karena Anda bisa menggunakan yang sudah ada di rumah. Jadi pengeluaran bisa dihemat.

2. Utamakan kerja sama daripada menggaji karyawan

Maksudnya Anda tidak perlu menggunakan jasa orang lain dulu. Bila tempat usaha di rumah, Anda bisa meminta bantuan anggota keluarga seperti anak. Apabila memang harus menggaji mereka dengan menggunakan modal yang ada, tetapi dengan system bagi hasil. Hal ini baik untuk usaha di bidang jasa, karena yang lebih diutamakan adalah kerja sama.

3. Pilih konsep waktu yang tepat untuk usaha

Waktu yang dimaksud adalah usaha yang Anda jalankan di saat apa. Seperti usaha penitipan anak. Berarti waktunya adalah pada saat orang sedang ke kantor. Untuk usaha jual gorengan atau makanan, siang atau sore. Bila usaha dilakukan di rumah, biasanya antara pagi atau sore.

Dengan modal yang terbatas, Anda tidak musti harus menjadi pelaku usaha. Anda juga bisa menjadi perantara untuk usaha orang lain. Seperti yang dijelaskan di atas, untuk usaha di bidang jasa yang lebih diperlukan adalah kerja sama.

Perhitungan modal. Yang harus diperhatikan dalam usaha yang bergerak di bidang barang adalah bahan baku dan biaya transportasi pada saat pembelian. Apabila Anda sudah bisa mengkalkulasi besarnya biaya yang dibutuhkan untuk produksi satu hari, Anda harus mempersiapkan dana untuk produksi selanjutnya sebanyak enam kali lipat. Saat pertama kali Anda memproduksi barang, pilihlah produk yang paling dicari konsumen. Dan jumlah variasi tidak usah terlalu banyak agar biaya bahan baku tidak terlalu besar. Selamat mencoba! ( Sandra Metta HS)


source : wealthindonesia.com



Artikel Terkait:

0 comments:

Tips Menghindari Penipuan Berkedok Asuransi

Pemilik (Cadangan) Emas Terbesar Dunia, Indonesia Di nomor 37

Mengintip Tips Perjalanan Para Eksekutif Bisnis

Blue Ocean Strategy

Tips Membeli Emas Batangan, Emas Perhiasan & Emas Putih

Sales People: Amatir VS Professional

7 Kesalahan Terbesar dalam Marketing

Keterampilan Dasar Sales: Sudahkah Anda Miliki?

10 Konsep Marketing untuk Usaha Kecil

Peluang Usaha di Tahun 2010 yang Bakal Exis

8 Point Sederhana untuk Merebut Peluang Bisnis

9 Langkah Sukses Entrepreneur

10 Cara Efektif Mengurangi Hutang-Hutang Anda

Wanita-Wanita Berpengaruh dalam Bisnis

Kiat Sukses Usaha Waralaba

Bagaimana Mendanai Usaha?

Mengapa Hanya Sedikit Orang yang Sukses ?

Investasi di Bisnis Online, Kenapa Tidak?

Tak Takut Kaya, Tak Takut Miskin

Membuat Pelanggan Senang Berbelanja di Toko Anda

Tips Meningkatkan Pendapatan Adsense

Kunci Menuju Great Customer Service

Menciptakan Service Excellence Untuk Layanan Online

4 Kunci Utama dalam Melayani Pelanggan

Mengenali Faktor-faktor Kepuasan Pelanggan

Cara Memasarkan Produk Bisnis Online

Tips Bisnis Online Pemula :)

Tips Memulai Usaha Makanan

Tips Membangun Bisnis Cafe

Karakteristik Pengusaha Sukses

7 Tips Menjalankan Peluang Usaha Rumahan

Sukses Mengelola Wirausaha/Bisnis Online

Tips Cerdas dan Aman Memilih Asuransi

Tips Ampuh Menghapus Hutang Kartu Kredit

Tips Cerdas Menjadi Seorang Jutawan

5 Aspek Kesuksesan

5 Hukum Investasi Sepanjang Masa

Usaha Dengan Modal di Bawah 1 Juta

Pilih Investasi yang Menguntungkan

Inilah Siklus Karir Anda

4 Modal Menjadi Entrepreneur (Ternyata Bukan Uang)

Bagaimana Menjadi Komunikasi Yang Handal

Bodoh VS Pintar ala Bob Sadino

Contoh Usaha Mandiri

Apakah Mimpi Anda di Dalam Hidupmu?

How To Start a Business

Pilih Cara Mana Menerjuni Dunia Bisnis?

Memulai Usaha Sendiri

Cara Mem-Franchise-kan Usaha Anda