Yang Perlu di Cermati dari Iklan Lowongan Kerja

Mencari pekerjaan melalui iklan lowongan kerja memang mudah. Anda tinggal klik di internet atau membuka iklan lowongan kerja yang dimuat di media massa. Tapi ingat, Anda mesti mencermati setiap lowongan kerja yang dipasang. Dengan demikian Anda bisa menghemat waktu untuk mengirimkan lamaran ke alamat iklan lowongan yang dipasang. Itu berarti Anda menghemat biaya. Ada baiknya Anda perhatikan dulu iklan lowongan kerja itu dengan saksama.


Berikut tips untuk Anda dalam mengambil sikap terhadap iklan lowongan kerja.

Syarat lamaran harus jelas dan terukur
Kualifikasi apa yang harus dimiliki untuk melamar di perusahaan tersebut. Misalnya persyaratan umur, pendidikan, jenis kelamin, keahlian, dan sebagainya. Hal ini perlu Anda pertimbangkan. Jika tidak memenuhi salah satu syarat tersebut sebaiknya Anda tidak perlu mengirimkan lamaran.

Iklan tersebut harus memberi kejelasan bisnis perusahaan
Maksudnya dalam bidang apa perusahaan tersebut bergerak. Informasi ini cukup penting untuk mengukur apakah jenis bisnis perusahaan itu akan cocok untuk Anda nantinya.

Menerangkan informasi perilaku kerja
Misalnya, bersedia bekerja sesuai deadline, bersedia ditugaskan ke luar kota, mampu bekerja sama dalam tim, dll. Informasi ini penting untuk menjelaskan kepada pelamar akan tanggung jawabnya jika diterima bekerja kelak.

Mencantumkan manfaat yang ditawarkan
Misalnya kisaran gaji dan fasilitas yang akan diberikan. Memang tidak semua iklan mencantumkan hal ini. Tetapi iklan lowongan kerja yang mencantumkannya, dapat mengindikasikan bahwa perusahaan tersebut telah siap menerima karyawan sebagai suatu aset. Tetapi Anda pun harus menyadari, bahwa pencantuman itu menandakan bahwa Anda harus bersedia bekerja keras sesuai dengan kompensasi yang akan Anda terima nantinya.

Pastikan alamat perusahaan jelas sehingga Anda tidak bingung
Lebih baik lagi, selain mencantumkan alamat perusahaan atau PO. BOX, iklan tersebut juga mencantumkan alamat email.

Batas waktu pengiriman surat lamaran jelas
Agar Anda tidak buang-buang biaya dan energi untuk mengirim surat lamaran kepada perusahaan pemasang iklan, ketahui batas waktu pengiriman lamaran. Jika tanggalnya sudah lewat sebaiknya tidak usah kirimkan, daripada lamaran Anda dicuekin.

Media tempat pemasangan iklan
Jika iklan tersebut dipasang di media terkenal dan memiliki jangkauan luas, maka kemungkinan akan banyak pelamar. Ini menandakan bahwa tingkat kompetisi akan tinggi sehingga peluang untuk diterima pun tidak begitu besar. Tetapi iklan lowongan kerja yang dipasang pada media terkenal dengan ukuran besar juga bisa menandakan perusahaan tersebut cukup bonafid. Begitu juga dengan pemasangan iklan di internet. Jika iklan tersebut di pasang di situs yang cukup besar dan terkenal, kemungkinan perusahaan yang bersangkutan cukup bonafid. Jadi Anda mesti siap-siap bersaing dengan pelamar lainnya.

Nah, bila saat ini Anda sedang berencana mengirimkan lamaran kerja, artikel di atas sangat menarik untuk Anda cermati. Sukses untuk Anda!





Artikel Terkait:

0 comments: