Membuat Surat Lamaran Yang Baik

Membuat lamaran kerja memang gampang-gampang susah. Meski banyak contoh lamaran yang bertebaran, tidak semuanya pas dan bagus buat Anda. Bahkan seringkali lamaran yang Anda bikin malah tidak menarik, atau seperti dibuat-buat dan tidak sesuai dengan kondisi sebenarnya. Yang pasti, surat lamaran yang baik haru mencantumkan beberapa informasi:


Informasi Pendidikan
Ini sangat penting. Informasikan pendidikan formal Anda dengan jelas. Deskripsikan tentang informasi pendidikan. Yang pertama ialah, strata pendidikan, nama universitas serta kotanya, kemudian tahun yang ditempuh. Baru kemudian sebutkan jurusan kuliah yang sudah ditempuh.

Contoh:
Bachelor Degree, University of Indonesia, Jakarta, 1990
Major: Management

Dengan penyebutan lamaran lebih lengkap, kesempatan untuk diterima sangat besar.

Kegiatan Ekstra Kurikuler
Cantumkan dan gambarkan seluruh kegiatan ekstra kurikuler yang pernah diikuti. Ini penting, sebagai informasi tambahan seandainya pendidikan atau pengalaman yang Anda miliki sama sekali tidak berhubungan dengan kebutuhan perusahaan.

Misalnya keterangan singkat tentang kemampuan dan kebiasaan Anda bakalan bisa mempengaruhi perusahaan untuk menjadikan Anda sebagai pegawainya. Dengan keberhasilan ini berarti Anda punya kemampuan untuk “melakukan deal secara efektif degan siapa saja”.

Penghargaan Yang Diperoleh
Jangan lupa cantumkan juga penghargaan atau piagam yang pernha diterima selama menempuh pendidikan, baik dari lembaga tempat menempuh pendidikan atau dari lembaga lain.

Training Khusus
Semua pendidikan tambahan yang diperoleh saat kuliah di universitas/institut perlu juga dicantumkan. Pendidikan tambahan itu, bisa berupa kursus atau training untuk sesuatu yang spesisik, misalnya tentang Teknologi Informasi, Manajemen, Marketing atau Sales.

Pengalaman Kerja
Mencantumkan pengalaman kerja merupakana aspek paling penting, bila Anda memang sudah memilikinya. Cantumkan seluruh pengalaman kerja dengan membuat semacam daftar, termasuk tanggalnya. Urutkan mulai pekerjaan sekarang hingga pekerjaan yang paling pertama Anda lakukan. Gambarkan juga bagaiamana kemampuan yang kembangkan. Bahkan bila Anda mempunyai pengalaman kerja paruh waktu, atau kerja dengan waktu yang sangat singkat tidak ada salahnya untuk disebutkan.

Nah, jangan lupa, bila ada beberapa pengalaman kerja yang bertolak belakang posisinya, Anda harus bisa memberi penjelasan sepenuhnya tapi tetap bisa memberi penjelasan lebih detail alasannya. Selain itu, bagi Anda yang menginginkan kerja secara part time, sebutkan juga alasan paling tepat sehingga kenapa tidak mau kerja full time.

Jangan Lupa, Cantumkan Kecakapan Khusus
Kecakapan khusus ini sangat penting terutama untuk calon pegawai yang dibutuhkan, misalnya harus memiliki kemampuan berbahasa Indonesia dan Inggris. Untuk semua ini, keahlian yang Anda miliki sebaiknya juga disebutkan, misalnya kemampuan menjelankan komputer, surat izin mengemudi, tes psikologi, atau kecakapan lain.

Nah, sekarang sudah siapkah Anda dengan tantangan terbaru itu? (GCM/MWeb)





Artikel Terkait:

0 comments: