Karakteristik Pengusaha Sukses

Anda harus tahu betul apa yang membuat usaha Anda berbeda dari para pesaing. Kembangkan sebuah visi dan laksanakan, jangan beralih dari satu ide ke ide yang lain. Banyak pengusaha gagal karena mereka merasa bahwa ide baru yang mereka temukan lebih menarik daripada yang mereka jalankan sekarang.
2. Harapan yang realistis.
Jika Anda melakukan diet dan berharap bisa menurunkan berat badan lima kilo pe rminggu, Anda pasti akan kecewa dan menyerah. Jika tujuan Anda lebih realistis, kemungkinan besar Anda akan tetap berpegang padanya dan berhasil. Sangat jarang ada orang yang “kaya mendadak”.
3. Kemauan untuk membuat rencana.
Para pengusaha paling sukses adalah orang-orang yang memiliki tujuan dan rencana yang jelas untuk meraihnya. Mereka mempelajari pasar, persaingan, dan mekanismenya, serta bersedia mempelajari sungguh-sungguh semua kendala yang mungkin akan dihadapi.
4. Fleksibilitas dan adaptabilitas.
Selain membutuhkan rencana dan fokus yang jelas, Anda juga perlu memiliki fleksibilitas dalam menanggapi perubahan situasi. Dalam bisnis, dan juga hidup, segalanya berubah, dan masalah pasti ada.
5. Kemampuan untuk mengatasi kekhawatiran karena harus menjual.
Dalam artian tertentu, semua pengusaha adalah penjual. Anda tidak boleh takut berhadapan dengan konsumen, memotivasi pegawai, dan menjalin hubungan baik dengan pemasok. Anda tidak harus punya keahlian tersebut saat memulai usaha, tetapi Anda harus mempelajarinya agar usaha Anda tetap berjalan.
6. Bersedia bekerja keras.
Tidak ada jalan pintas disini; menjalankan usaha berarti bekerja keras sepanjang waktu.
7. Tujuan pribadi yang jelas.
Kita semua punya keinginan yang berbeda-beda. Kita ingin punya banyak uang dan sekaligus sudah berada di rumah saat anak-anak pulang sekolah. Kita ingin mengontrol semua kegiatan tetapi produk dan jasa yang kita hasilkan sangat beragam. Tujuan-tujuan tersebut jelas saling bertentangan satu sama lain. Untuk mencapai keberhasilan, Anda harus fokus pada apa yang benar-benar penting bagi Anda dan apa yang dapat Anda capai.
8. Pengalaman.
Anda tidak perlu berpengalaman sebagai manajer sebuah perusahaan mobil untuk memulai bisnis mobil bekas, tetapi Anda harus punya pengalaman dalam bidang terkait atau pengalaman dalam menerapkan kemampuan yang Anda miliki sebagai manajer, sebelum mengawali suatu usaha.
Artikel Terkait:
Tips Bisnis
- Menjadi Pengusaha Properti Modal Nekat
- Ketika Bisnis Tak Lagi Manis...
- Sukses "Edam Burger" dari Gerobak Keliling
- Mengenali Faktor-faktor Kepuasan Pelanggan
- Peluang Usaha Menjanjikan di Tahun 2012
- Bisnis Online Menjamur di Indonesia
- Kisah Sukses Pencipta Blackberry
- Tips Dan Cara Bermain Saham
- Tips Sukses Bisnis Bengkel Cat Mobil
- Tips Membuka Usaha Rumah Makan
- 10 Strategi Sukses Berbisnis dan Berwirausaha
- 10 Pembunuh Mematikan Peluang Usaha dan Bisnis Komputer
- 5 Keuntungan Investasi Saham bagi Orang Sibuk
- 11 Cara Penipuan Gaya Baru di Internet
- Cara Buka Usaha Modal Kecil Menengah Besar
- Discount: Penting atau Tidak?
- Masih SMA Sudah Jadi Teknopreneur!
- Tips Cara Memilih & Membeli Sepeda Motor Baru
- Tips Cara Memilih & Membeli Mobil Bekas Pakai
- 7 Tips Mempertahankan Konsumen
- Tips Berbisnis Efektif Dari Rumah
- Langkah Memulai Usaha Kecil Dan Menengah Secara Online
- Guru Honorer SD, Meraih Sukses Bisnis Miniatur
- Korban PHK Bisa Menjadi Pengusaha Beromzet Rp 8 Miliar Per Tahun
- 10 Konsep Pemasaran (Marketing) Yang Perlu Diketahui
0 comments:
Post a Comment