Tips Ampuh Menghapus Hutang Kartu Kredit

Berapa banyak orang yang saat ini hidupnya selalu was-was? Mereka yang was-was biasanya disebabkan karena hutang yang selalu melilit hidupnya. Orang-orang ini menjadi tidak berdaya dan merasa tidak memiliki harapan lagi.

Gaya hidup yang serba praktis yang dijalani mayoritas orang-orang perkotaan turut andil dalam kehidupan sehari-hari, seperti penggunaan kartu kredit untuk pembayaran. Sebenarnya tidak ada yang salah menggunakan kartu kredit sebagai proses pembayaran transaksi Anda, hanya saja kepraktisan dan tawaran menarik ini bisa jadi "perangkap". Tidak sedikit orang yang akhirnya masuk dalam "perangkap" ini dan bergulat didalam yang namanya hutang.

Untuk itulah artikel ini dibuat agar Anda bisa mengetahui bagaimana keluar dari "perangkap" benda persegi panjang ini dan menata kembali kehidupan keuangan pribadi/keluarga Anda. Berikut tips-tipsnya:

1. Kenali Hutang Anda.

Seseorang tidak akan pernah bisa keluar dari lilitan hutang kartu kredit apabila dirinya tidak pernah mengetahui berapa banyak hutang kartu kreditnya saat ini. Begitupun apabila Anda ingin keluar dari lilitan hutang kartu kredit. Intinya adalah lihat seberapa besar hutang kartu kredit yang harus Anda bayarkan, setelah itu buatlah target waktu kapan Anda akan melunasinya lengkap dengan besar uang yang harus Anda keluarkan secara periodiknya.

2. Berhenti Gesek Kartu.

Menghilangkan kebiasaan bukanlah tugas yang mudah untuk dilakukan oleh seseorang. Begitupun bagi Anda yang mungkin saat ini berkata, "saya sudah begitu terikat dengan kartu kredit". Disini perlu komitmen dari diri Anda pribadi. Namun, bila hal ini tidak berhasil, ada baiknya langkah ketiga yang harus Anda pakai.

3. Hubungi Pihak Kartu Kredit.

Langkah ketiga ini dapat dikatakan sebagai langkah berani yang harus Anda ambil. Lepaskan gengsi ataupun ketakutan Anda. Bicaralah dengan pihak kreditor Anda dan ungkapkan permasalahan yang sedang melilit Anda secara jujur dan lakukan negoisasi-negoisasi dengan kedudukan posisi sama tinggi. Apabila Anda terlihat melunak atau gampang dimanipulasi maka kesempatan untuk memperpanjang jangka waktu proses pembayaran hutang misalnya akan kecil.

4. Negosiasikan Hutang Anda.

Proses negoisasi antara kreditor maupun debitor biasanya sangatlah alot, tetapi sekali lagi ini tergantung pihak-pihak yang berkomunikasi. Ketika Anda dilihat benar-benar tidak sanggup membayar keseluruhan hutang, maka biasanya pihak bank akan menawarkan jadwal cicilan pembayaran baru atau konsolidasi utang Anda ke satu utang dengan bunga yang relatif lebih rendah. Namun, apabila merasa kurang puas, lanjutkan proses negoisasi sampai Anda merasa betul-betul kesepakatan yang diambil menguntungkan Anda.

5. Pindahkan Hutang Anda.

Sebenarnya di langkah keempat ini Anda sudah bisa membayar segala hutang kartu kredit Anda. Namun, apabila pihak penyedia kartu kredit masih bersikeras agar Anda tetap membayar sesuai beban bunganya, maka sebaiknya Anda memindahkan hutang ke kartu kredit dengan bunga lebih rendah. Atau bisa juga dengan memanfaatkan program transfer balance dimana program ini menawarkan bunga sangat kecil di 3 bulan pertama, lalu bertambah agak besar di bulan berikutnya. Besar bunga yang kecil di awal akan sangat membantu Anda untuk bernafas sejenak dan membuat strategi baru perencanaan pelunasan hutang kartu kredit Anda.

Semoga artikel ini setidaknya memberikan pencerahan bagi Anda yang saat ini sedang terlilit dengan hutang kartu kredit. Selamat mencoba!!!


source : tipsanda.com/bm



Artikel Terkait:

0 comments:

Tips Menghindari Penipuan Berkedok Asuransi

Pemilik (Cadangan) Emas Terbesar Dunia, Indonesia Di nomor 37

Mengintip Tips Perjalanan Para Eksekutif Bisnis

Blue Ocean Strategy

Tips Membeli Emas Batangan, Emas Perhiasan & Emas Putih

Sales People: Amatir VS Professional

7 Kesalahan Terbesar dalam Marketing

Keterampilan Dasar Sales: Sudahkah Anda Miliki?

10 Konsep Marketing untuk Usaha Kecil

Peluang Usaha di Tahun 2010 yang Bakal Exis

8 Point Sederhana untuk Merebut Peluang Bisnis

9 Langkah Sukses Entrepreneur

10 Cara Efektif Mengurangi Hutang-Hutang Anda

Wanita-Wanita Berpengaruh dalam Bisnis

Kiat Sukses Usaha Waralaba

Bagaimana Mendanai Usaha?

Mengapa Hanya Sedikit Orang yang Sukses ?

Investasi di Bisnis Online, Kenapa Tidak?

Tak Takut Kaya, Tak Takut Miskin

Membuat Pelanggan Senang Berbelanja di Toko Anda

Tips Meningkatkan Pendapatan Adsense

Kunci Menuju Great Customer Service

Menciptakan Service Excellence Untuk Layanan Online

4 Kunci Utama dalam Melayani Pelanggan

Mengenali Faktor-faktor Kepuasan Pelanggan

Cara Memasarkan Produk Bisnis Online

Tips Bisnis Online Pemula :)

Tips Memulai Usaha Makanan

Tips Membangun Bisnis Cafe

Karakteristik Pengusaha Sukses

7 Tips Menjalankan Peluang Usaha Rumahan

Sukses Mengelola Wirausaha/Bisnis Online

Tips Cerdas dan Aman Memilih Asuransi

Tips Ampuh Menghapus Hutang Kartu Kredit

Tips Cerdas Menjadi Seorang Jutawan

5 Aspek Kesuksesan

5 Hukum Investasi Sepanjang Masa

Usaha Dengan Modal di Bawah 1 Juta

Pilih Investasi yang Menguntungkan

Inilah Siklus Karir Anda

4 Modal Menjadi Entrepreneur (Ternyata Bukan Uang)

Bagaimana Menjadi Komunikasi Yang Handal

Bodoh VS Pintar ala Bob Sadino

Contoh Usaha Mandiri

Apakah Mimpi Anda di Dalam Hidupmu?

How To Start a Business

Pilih Cara Mana Menerjuni Dunia Bisnis?

Memulai Usaha Sendiri

Cara Mem-Franchise-kan Usaha Anda