Mengintip Tips Perjalanan Para Eksekutif Bisnis

Tidak ada orang yang memahami petualangan atau perjalanan lebih baik daripada orang-orang yang melakukan hal itu untuk hidup. Dari bagaimana mendapatkan diskon untuk kamar hotel mewah, memperoleh bonus, sampai menghadapi penerbangan yang tertunda berjam-jam, orang yang sering bepergian ke berbagai daerah tujuan di dunia karena urusan bisnis (business travelers) tahu semuanya: luar-dalam dan atas-bawah. Anda ingin menikmati perjalanan liburan dengan mengadopsi beberapa dari strategi mereka yang telah teruji?

Yang perlu diketahui para frequent-flier

Ketika bicara tentang perhitungan mil (jarak) yang telah ditempuh, business travelers paham bahwa bukan tiket gratisnya yang penting, melainkan bonus-bonus yang bakal datang berikut status elite frequent-flier yang diperhitungkan. Para flier berstatus elite ini memperoleh nomor telepon reservasi pribadi (yang akan sangat penting jika penerbangan Anda baru saja dibatalkan), mendapat prioritas untuk upgrade ke kelas satu, punya akses istimewa untuk check-in, dan aneka keistimewaan lainnya. Cara lain untuk mendapatkan pelayanan yang lebih baik adalah terbang di kelas bisnis. American Express sering menawarkan diskon untuk kelas bisnis bagi para anggotanya, dan beberapa situs online seperti Accessfares.com menawarkan biaya kelas untuk kelas bisnis yang telah didiskon. Anda bisa cek di salah satu dari situs terkait di fodors.com/news/story_2286.html.

Tahu hari-hari terburuk untuk terbang

Business travelers akan mengatakan bahwa Jumat dan Sabtu (di Eropa dan Amerika malah hari Kamis dan Jumat) merupakan hari-hari terburuk untuk terbang karena pada hari-hari tersebut orang-orang pergi liburan atau pulang dari liburan. Airport penuh dan banyak penerbangan tertunda. Terbang di awal minggu jauh lebih baik, dan jika memungkinkan jadwalkan penerbangan menjelang siang sehingga Anda dapat menghindari kegilaan yang terjadi pada penerbangan pagi. Tapi, keluarlah sebelum pukul empat sore sebelum massa tiba untuk penerbangan malam.

Menghindari kekesalan selama penerbangan yang lama

Business travelers yang rutin terbang dalam penerbangan jarak jauh hidup mengikuti petunjuk dalam SeatGuru.com. Ini merupakan cara terbaik untuk tahu pesawat mana yang punya ruang kaki yang terbesar, tempat duduk yang bisa diatur maksimum dan colokan listrik di tempat duduk. Mereka juga rutin mengecek kembali informasi penerbangan pada hari H, karena jika pihak penerbangan mengubah peralatan mereka pada saat-saat terakhir, ada kemungkinan Anda dipindah ke tempat duduk yang lebih tidak diinginkan.

Tetap bisa bekerja dalam pesawat

Sungguh menyebalkan ketika Anda menggunakan komputer di penerbangan yang lama, sementara daya tahan baterai Anda sudah habis. Pramugari sering kali tidak yakin dimana steker power berada, apalagi memastikan dayanya. Agen pemesanan tiket tidak banyak membantu, dan awak kabin sering lupa memencet saklar untuk mengaktifkan steker power di tempat-tempat duduk. Pilihlah kursi yang dilengkapi steker (sekali lagi lihat di SeatGuru.com untuk informasi tentang hal ini) dan lengkapi diri Anda dengan perlengkapan berikut: sekiranya tempat duduk Anda dilengkapi dengan soket listrik yang berbeda, bawalah adaptor tunggal sebagaimana yang dibawa Tumi.com. Gadget senilai 50 dollar ini memiliki empat tipe colokan yang bisa cocok dengan soket dinding listrik di 150 negara. Jika tempat duduk Anda dilengkapi dengan outlet DC dan bukannya AC, ubahlah dengan sebuah alat semacam CyberPower 150W DC-to-AC Adaptor (seharga sekitar 51.99 dollar), yang bisa dibeli di BestBuy.com. Di penerbangan antar negara, Anda akan sering melihat alat semacam ini dijual di katalog bebas bea -dengan harga empat kali lipat. Merk Magellan juga menjual serangkaian adaptor listrik yang bisa membuat Anda bebas men-charge dan tetap enjoy.

Siksaan telepon seluler

Para eksekutif yang sibuk mengatakan, penggunaan telepon seluler di luar negeri benar-benar mahal. Satu cara bagi para pelanggan T-Mobile untuk menghemat adalah dengan mengaktivasi layanan bebas roaming kelas dunia sebelum berangkat. (Ingat, Anda menginginkan penghematan untuk international roaming bukan untuk penghematan telepon internasional.) Cara ini bisa menekan biaya telepon dari negara-negara Eropa sampai kurang dari satu dolar per menit. Kebanyakan pengguna Amerika menggunakan jaringan seluler yang berbeda. Beberapa turis bisnis menyewa telepon seluler atau membeli HP di luar negeri. Jika Anda menggunakan cara ini, periksalah rate per menit dari perusahaan penyedia jasa. Biaya yang digembar-gemborkan murah bisa jadi sesungguhnya mahal. Anda mungkin bahkan harus membayar mahal untuk SMS yang Anda kirim. Tiga perusahaan yang layak dihubungi untuk penyewaan telepon seluler adalah Telestial (telestial.com), Mobal Communications (mobalrental.com) and Cellular Abroad (cellularabroad.com).

Bergabung sebagai members' club hotel

Hampir semua hotel punya membership clubs. Anda sebaiknya mempertimbangkan untuk bergabung dengan salah satunya dan menjadi anggota yang setia. Dengan melakukan itu, Anda dapat nilai tambah setiap kali Anda menginap di situ seperti bonus seperti akses internet free atau telepon loka gratis, proses check in yang cepat, dan sejumlah keuntungan lain. Semakin sering Anda menginap di suatu hotel tertentu, semakin baik keuntungannya. Tanyakan juga tentang tarif untuk korporasi ketika Anda memesan kamar (atau cari tahulah tarif untuk korporasi saat memesan melalui website). Jika Anda punya kartu bisnis dan melakukan reservasi untuk weekday, Anda mungkin saja mendapat diskon yang bahkan bisa mencapai 10 sampai 20 persen dari harga standar.

Pesan kamar di executive floor

Pedoman jalan-jalan para business traveler menyatakan bahwa pesanlah kamar yang sedikit lebih mahal di executive floor atau "klub". Kamar di lantai semacam ini sering memberikan fasilitas concierge pribadi, telepon lokal gratis, late check-outs, antar jemput dari dan ke airport cuma-cuma, akses gratis ke spa atau gym, dan aneka makanan gratis - sarapan ala continental, teh sore, dan snak malam. Semua ini bisa jadi merupakan sebuah penghematan besar, apalagi untuk keluarga yang memiliki anak remaja yang senantiasa kelaparan. Namun cek sebelum Anda memesan kamar. Di beberapa hotel, executive floor tidak menyediakan apapun selain sebuah meja besar berikut mesin fax dalam kamar Anda.

Mau sewa mobil? Gabung saja di loyalty club

Sebagaimana hotel, adalah lebih baik untuk bergabung dalam loyalty club di perusahaan rental. Keuntungannya berbeda-beda tetapi biasanya Anda mendapat nomor telepon prioritas untuk reservasi, diskon-diskon, dan Anda tidak perlu menunggu lama dalam antrean untuk mendapatkan mobil. Ingat untuk selalu memesan mobil di awal minggu. Jika Anda menunggu sampai Jumat atau Sabtu, Anda akan menemui kesulitan mendapatkan mobil atau terjebak dengan mobil yang boros dan mahal.



Artikel Terkait:

0 comments:

Tips Menghindari Penipuan Berkedok Asuransi

Pemilik (Cadangan) Emas Terbesar Dunia, Indonesia Di nomor 37

Mengintip Tips Perjalanan Para Eksekutif Bisnis

Blue Ocean Strategy

Tips Membeli Emas Batangan, Emas Perhiasan & Emas Putih

Sales People: Amatir VS Professional

7 Kesalahan Terbesar dalam Marketing

Keterampilan Dasar Sales: Sudahkah Anda Miliki?

10 Konsep Marketing untuk Usaha Kecil

Peluang Usaha di Tahun 2010 yang Bakal Exis

8 Point Sederhana untuk Merebut Peluang Bisnis

9 Langkah Sukses Entrepreneur

10 Cara Efektif Mengurangi Hutang-Hutang Anda

Wanita-Wanita Berpengaruh dalam Bisnis

Kiat Sukses Usaha Waralaba

Bagaimana Mendanai Usaha?

Mengapa Hanya Sedikit Orang yang Sukses ?

Investasi di Bisnis Online, Kenapa Tidak?

Tak Takut Kaya, Tak Takut Miskin

Membuat Pelanggan Senang Berbelanja di Toko Anda

Tips Meningkatkan Pendapatan Adsense

Kunci Menuju Great Customer Service

Menciptakan Service Excellence Untuk Layanan Online

4 Kunci Utama dalam Melayani Pelanggan

Mengenali Faktor-faktor Kepuasan Pelanggan

Cara Memasarkan Produk Bisnis Online

Tips Bisnis Online Pemula :)

Tips Memulai Usaha Makanan

Tips Membangun Bisnis Cafe

Karakteristik Pengusaha Sukses

7 Tips Menjalankan Peluang Usaha Rumahan

Sukses Mengelola Wirausaha/Bisnis Online

Tips Cerdas dan Aman Memilih Asuransi

Tips Ampuh Menghapus Hutang Kartu Kredit

Tips Cerdas Menjadi Seorang Jutawan

5 Aspek Kesuksesan

5 Hukum Investasi Sepanjang Masa

Usaha Dengan Modal di Bawah 1 Juta

Pilih Investasi yang Menguntungkan

Inilah Siklus Karir Anda

4 Modal Menjadi Entrepreneur (Ternyata Bukan Uang)

Bagaimana Menjadi Komunikasi Yang Handal

Bodoh VS Pintar ala Bob Sadino

Contoh Usaha Mandiri

Apakah Mimpi Anda di Dalam Hidupmu?

How To Start a Business

Pilih Cara Mana Menerjuni Dunia Bisnis?

Memulai Usaha Sendiri

Cara Mem-Franchise-kan Usaha Anda