Dibayangi PHK???

Kenyataannya, memang tak ada yang tak mungkin di dunia ini. Meski banyak orang berpikir secara konvensional bahwa bekerja di suatu perusahaan yang sudah mapan cenderung lebih ‘aman’, kemungkinan di PHK pada jaman seperti sekarang tetaplah sangat terbuka.

Bagi siapapun, tidak punya pekerjaan adalah masalah besar. Sebab, itu berarti melayanglah pemasukan bulanan yang menopang anda membayar segala kebutuhan, lebih-lebih bagi anda yang sudah berkeluarga.Tak seorangpun bisa meramal masa depan dengan tepat bukan? Tanpa firasat apapun, bisa saja mendadak anda terkena PHK.Karenanya, tak ada salahnya mengantisipasi kemungkinan buruk itu dengan mengikuti beberapa tips praktis berikut:

Perbaharuilah selalu Curiculum Vitae (CV) anda minimal setahun sekali. Dalam jangka waktu itu, usahakan untuk belajar lebih banyak pada hal-hal yang anda anggap berguna untuk menunjang karir anda, misalnya bahasa asing, kemampuan manajemen, komputer dan lain-lain. Kalau belum memungkinkan untuk mengikuti kursus, banyaklah membaca artikel atau buku-buku yang berkaitan dengan topik-topik itu. Riwayat hidup yang up to date membantu kita memonitor kemajuan kita dalam hal kemampuan personal. Dengan demikian, kita akan lebih percaya diri dan siap untuk segera pindah ke tempat kerja yang baru atau melamar ke tempat lain jika suatu saat perusahaan kita bermasalah.

Perbanyaklah jaringan pertemanan anda dengan rekan kerja diluar kantor. Sedapat mungkin, upayakan untuk selalu mendapat informasi dari rekan-rekan anda yang bekerja di perusahaan yang prospeknya baik.Dengan demikian, jika suatu saat terdengar isu atau bahkan terjadi pemangkasan karyawan di perusahaan anda, akan lebih mudah bagi anda untuk memilah informasi yang sesuai dengan kebutuhan kemajuan karir anda.

Biasakanlah menabung lebih banyak pada saat anda menerima gaji. Kalau perlu gunakanlah beberapa rekening.Suatu saat, simpanan anda akan berguna bila tiba-tiba anda terkena PHK.Biasakan untuk hanya punya maksimal dua kartu ATM dan membiarkan rekening anda yang lain tidak bisa diganggu gugat .

Selagi anda masih memiliki pekerjaan, upayakan untuk menabung dalam bentuk asuransi, misalnya yang berkaitan dengan pendidikan atau kesehatan, yang pembayarannya ringan.Dalam masa-masa sulit dan kita jatuh sakit, misalnya, memiliki asuransi akan sangat membantu meringankan beban biaya pengobatan.

Kurangi kebutuhan yang tidak perlu, misalnya clubbing, belanja pakaian atau pergi ke salon untuk melakukan perawatan diri yang sebenarnya bisa dilakukan di rumah. Jadwal ulang kembali kegiatan ‘bergaul’ atau bersenang-senang anda. Kalau biasanya setiap akhir minggu pergi ke kafe atau membeli pakaian dengan teman-teman, ubahlah secara berangsur menjadi sebulan sampai dua bulan sekali.Bagi wanita yang amat salon minded, lebih baik membeli majalah atau browsing di internet untuk mencari alternatif perawatan tubuh dan wajah yang praktis serta bisa dikerjakan di rumah. Dengan demikian, uang yang biasa dikeluarkan untuk bersenang-senang itu bisa dialihkan ke tabungan.

Bila anda mempunyai kartu kredit, mulailah membiasakan diri untuk menggunakannya dengan bijaksana. Buatlah suatu batas maksimal pengeluaran anda dengan kartu kredit, sehingga pembayaran cicilannya bisa diperkirakan. Utamakan penggunaan kartu kredit untuk membeli barang kebutuhan pokok harian. (GCM/KCM/LilyBK)





Artikel Terkait:

0 comments:

Tips Menghindari Penipuan Berkedok Asuransi

Pemilik (Cadangan) Emas Terbesar Dunia, Indonesia Di nomor 37

Mengintip Tips Perjalanan Para Eksekutif Bisnis

Blue Ocean Strategy

Tips Membeli Emas Batangan, Emas Perhiasan & Emas Putih

Sales People: Amatir VS Professional

7 Kesalahan Terbesar dalam Marketing

Keterampilan Dasar Sales: Sudahkah Anda Miliki?

10 Konsep Marketing untuk Usaha Kecil

Peluang Usaha di Tahun 2010 yang Bakal Exis

8 Point Sederhana untuk Merebut Peluang Bisnis

9 Langkah Sukses Entrepreneur

10 Cara Efektif Mengurangi Hutang-Hutang Anda

Wanita-Wanita Berpengaruh dalam Bisnis

Kiat Sukses Usaha Waralaba

Bagaimana Mendanai Usaha?

Mengapa Hanya Sedikit Orang yang Sukses ?

Investasi di Bisnis Online, Kenapa Tidak?

Tak Takut Kaya, Tak Takut Miskin

Membuat Pelanggan Senang Berbelanja di Toko Anda

Tips Meningkatkan Pendapatan Adsense

Kunci Menuju Great Customer Service

Menciptakan Service Excellence Untuk Layanan Online

4 Kunci Utama dalam Melayani Pelanggan

Mengenali Faktor-faktor Kepuasan Pelanggan

Cara Memasarkan Produk Bisnis Online

Tips Bisnis Online Pemula :)

Tips Memulai Usaha Makanan

Tips Membangun Bisnis Cafe

Karakteristik Pengusaha Sukses

7 Tips Menjalankan Peluang Usaha Rumahan

Sukses Mengelola Wirausaha/Bisnis Online

Tips Cerdas dan Aman Memilih Asuransi

Tips Ampuh Menghapus Hutang Kartu Kredit

Tips Cerdas Menjadi Seorang Jutawan

5 Aspek Kesuksesan

5 Hukum Investasi Sepanjang Masa

Usaha Dengan Modal di Bawah 1 Juta

Pilih Investasi yang Menguntungkan

Inilah Siklus Karir Anda

4 Modal Menjadi Entrepreneur (Ternyata Bukan Uang)

Bagaimana Menjadi Komunikasi Yang Handal

Bodoh VS Pintar ala Bob Sadino

Contoh Usaha Mandiri

Apakah Mimpi Anda di Dalam Hidupmu?

How To Start a Business

Pilih Cara Mana Menerjuni Dunia Bisnis?

Memulai Usaha Sendiri

Cara Mem-Franchise-kan Usaha Anda