8 Point Sederhana untuk Merebut Peluang Bisnis

Apakah Anda sedang merencanakan sebuah bidang usaha kecil yang akan membuat Anda bisa meraih banyak keuntungan? Apakah rencana usaha kecil itu sudah memenuhi 8 point sederhana? Perhatikan point-point itu sebelum Anda menghabiskan uang tabungan untuk dijadikan modal usaha lalu menghentikan usaha kecil yang sudah Anda rintis itu karena kegagalan demi kegagalan yang Anda temui di tengah jalan.

Emosi dan gairah adalah unsur penting dalam kesuksesan bisnis. Tapi tahan sebentar gairah dan semangat itu sampai peluang bisnis Anda memiliki 8 point utama yang akan menentukan apakah Anda akan berhasil atau mengalami kegagalan. Apakah 8 point itu? Berikut ini adalah penjelasan dari Darrell Zahorsky seperti yang sudah dijelaskannya pada situs about.com.

1. Tawarkan produk gratis terlebih dahulu :

Metode seperti ini sudah sering dijadikan strategi oleh para pengusaha. Pada awalnya, mereka menawarkan produknya untuk digunakan secara gratis oleh para calon konsumen. Cara ini bertujuan untuk mendapatkan penilaian atau umpan balik dari calon pelanggan / konsumen tentang produk yang dihasilkan. Tentu saja sebagai pengusaha kecil hanya bisa menawarkan kesempatan gratis ini untuk kalangan terbatas yang dianggap sesuai untuk mewakili calon pangsa pasar. Tanpa memiliki informasi yang mencukupi tentang penilaian orang terhadap produk yang akan dipasarkan, bisa dipastikan produk tersebut akan kehilangan pembeli.

2. Tentukan pangsa pasar :

Banyak usaha kecil yang gagal ketika mencoba menjadikan produknya disuka oleh pasar. Mungkin produk yang Anda tawarkan memiliki potensi pada berbagai jenis konsumen, tapi cobalah untuk mengawalinya dengan kelompok konsumen yang memiliki potensi paling besar. Tentukan pangsa pasar yang lebih spesifik dan mudah Anda dapatkan. Dalam ulasannya Darrell Zahorsky memberikan contoh bahwa “remaja wanita yang gemar membaca buku-buku agama” adalah kelompok konsumen yang lebih mudah dimengerti kebutuhannya dibanding “para remaja yang memiliki perhatian terhadap agama”. “Orang yang punya hobby makan buah pisang” tentu lebih mudah ditebak apa yang selalu dia inginkan dari pada “orang yang punya hobby makan buah-buahan”.

3. Miliki perlindungan terhadap produk saingan :

Setiap bidang usaha baru yang akan kita coba jalankan bisa dipastikan memiliki banyak kendala. Untuk melindungi dan memelihara bisnis Anda diperlukan suatu perlindungan dengan cara-cara tertentu. Ini untuk memastikan bahwa produk yang sama milik orang lain tidak akan merebut atau menguasai pasar yang sudah Anda incar. Perlindungan terhadap kemungkinan adanya pesaing ini bisa berupa kontak eksklusif dengan pelanggan, lisensi, hak paten, atau lokasi usaha yang strategis.

4. Perhatikan apa yang dibutuhkan oleh pelanggan :

Secara sederhana, peluang bisnis adalah ketika kita mengetahui produk atau jasa apa yang sedang dibutuhkan oleh banyak orang. Sebenarnya ini hal yang sederhana tapi sering kali kita abaikan. Peluang usaha yang Anda miliki akan dinilai tinggi / potensial jika apa yang Anda tawarkan bisa memenuhi kebutuhan atau keinginan pasar.

5. Pahami jumlah modal yang diperlukan :

Semua peluang usaha kecil membutuhkan evaluasi terhadap kebutuhan dana untuk menjalankan usaha tersebut. Jika Anda tidak memiliki modal yang mencukupi untuk menjalankan sebuah bisnis, maka seharusnya Anda paham bahwa peluang usaha itu bukan untuk Anda. Sebuah peluang bisnis bisa dinilai bagus jika memang sesuai dengan kemampuan Anda dalam menangani jumlah modal yang dibutuhkan. Sehingga keuntungan yang diperoleh bisa untuk menambah modal awal dan bukan untuk membayar pinjaman modal.

6. Gunakan pengalaman dan keterampilan Anda :

Sebuah keterampilan atau keahlian sangat dibutuhkan untuk menangani bisnis yang mulai dirintis. Ini akan menentukan keberhasilan atau kegagalan usaha yang sedang dijalankan. Adalah bijaksana jika Anda tidak menjalankan usaha / bisnis yang berada diluar bidang atau keahlian Anda. Sepuluh tahun pengalaman dalam menangani penjualan eceran memiliki lebih banyak peluang keberhasilan daripada kesempatan yang didasarkan pada keterampilan telemarketing.

7. Lihat peluang jangka panjang :

Apa dalam waktu dekat ada kemungkinan bisnis yang Anda jalankan akan mengalami kemunduran karena perkembangan teknologi, perubahan peraturan pemerintah, atau karena perubahan nilai-nilai sosial? Analisa pada perkembangan zaman dan pengaruhnya terhadap bisnis yang Anda jalankan adalah penting jika Anda ingin usaha bisnis yang Anda jalankan bisa berumur panjang. Misalnya, tidak realistis jika Anda membuka sebuah usaha toko musik pada saat pembajakan musik digital sedang merajalela.

8. Perhatikan faktor SDM :

Banyak perusahaan yang termotivasi dan membutuhkan tenaga kerja yang terampil dan jujur. Pastikan bahwa Anda mampu memenuhi kebutuhan tersebut yang pada gilirannya akan sangat menentukan perkembangan bisnis yang sedang Anda jalankan. Ingat, orang baik sulit ditemukan. Fikirkan strategi apa yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan dan mempertahankan mereka.

Apakah peluang bisnis yang Anda miliki sudah memenuhi 8 point sederhana seperti yang sudah dipaparkan diatas? Jika belum, jangan putus asa. Mungkin Anda hanya harus menyusun kembali ide bisnis tersebut agar menjadi lebih layak untuk dijalankan. Setelah rencana bisnis Anda sudah disusun dengan dasar yang kokoh, Anda bisa lebih bersemangat dalam melakukan usaha agar usaha bisnis tersebut bisa dikembangkan hingga pada tingkat keberhasilan yang Anda inginkan.



Artikel Terkait:

0 comments:

Tips Menghindari Penipuan Berkedok Asuransi

Pemilik (Cadangan) Emas Terbesar Dunia, Indonesia Di nomor 37

Mengintip Tips Perjalanan Para Eksekutif Bisnis

Blue Ocean Strategy

Tips Membeli Emas Batangan, Emas Perhiasan & Emas Putih

Sales People: Amatir VS Professional

7 Kesalahan Terbesar dalam Marketing

Keterampilan Dasar Sales: Sudahkah Anda Miliki?

10 Konsep Marketing untuk Usaha Kecil

Peluang Usaha di Tahun 2010 yang Bakal Exis

8 Point Sederhana untuk Merebut Peluang Bisnis

9 Langkah Sukses Entrepreneur

10 Cara Efektif Mengurangi Hutang-Hutang Anda

Wanita-Wanita Berpengaruh dalam Bisnis

Kiat Sukses Usaha Waralaba

Bagaimana Mendanai Usaha?

Mengapa Hanya Sedikit Orang yang Sukses ?

Investasi di Bisnis Online, Kenapa Tidak?

Tak Takut Kaya, Tak Takut Miskin

Membuat Pelanggan Senang Berbelanja di Toko Anda

Tips Meningkatkan Pendapatan Adsense

Kunci Menuju Great Customer Service

Menciptakan Service Excellence Untuk Layanan Online

4 Kunci Utama dalam Melayani Pelanggan

Mengenali Faktor-faktor Kepuasan Pelanggan

Cara Memasarkan Produk Bisnis Online

Tips Bisnis Online Pemula :)

Tips Memulai Usaha Makanan

Tips Membangun Bisnis Cafe

Karakteristik Pengusaha Sukses

7 Tips Menjalankan Peluang Usaha Rumahan

Sukses Mengelola Wirausaha/Bisnis Online

Tips Cerdas dan Aman Memilih Asuransi

Tips Ampuh Menghapus Hutang Kartu Kredit

Tips Cerdas Menjadi Seorang Jutawan

5 Aspek Kesuksesan

5 Hukum Investasi Sepanjang Masa

Usaha Dengan Modal di Bawah 1 Juta

Pilih Investasi yang Menguntungkan

Inilah Siklus Karir Anda

4 Modal Menjadi Entrepreneur (Ternyata Bukan Uang)

Bagaimana Menjadi Komunikasi Yang Handal

Bodoh VS Pintar ala Bob Sadino

Contoh Usaha Mandiri

Apakah Mimpi Anda di Dalam Hidupmu?

How To Start a Business

Pilih Cara Mana Menerjuni Dunia Bisnis?

Memulai Usaha Sendiri

Cara Mem-Franchise-kan Usaha Anda