Peluang Usaha Mainan Anak

Makin maraknya tren orang tua bekerja membuat waktu bermain dengan buah hati semakin singkat. Pendek cerita, sesibuk apa pun orangtua bekerja, mereka tetap ingat akan pendidikan si anak. Mereka lantas mencari mainan-mainan yang mendidik anak sekaligus merangsang otaknya sejak usia dini.

Tak heran jika dalam dua tahun belakangan ini mainan edukatif banyak diburu oleh para orangtua. Salah satu produsen mainan anak edukatif yang ketiban rezeki adalah gerai online malvakayla.com.

Gerai ini sudah beroperasi sejak pertengahan tahun 2006 silam. Pemiliknya, Yulina Setianingsih secara tak sengaja terjun ke bisnis ini gara-gara tidak menemukan mainan edukatif untuk buah hatinya.

Kini, dalam sebulan, wanita 32 tahun ini mampu meraup omzet rata-rata Rp 30 juta. Selain penjualan online, Yulina juga membuka showroom di Pusat Grosir Cililitan. "Showroom ini dibuka untuk mengatasi keragu-raguan pembeli online," tukas mantan wartawan ini.
Selama ini, Yulina memproduksi sendiri mainan edukatifnya. Ada yang berbahan dasar kayu dan ada pula yang berbahan dasar kain. Mainan tersebut lebih ditujukan untuk anak usia bayi sampai balita.

Sebagai contoh, untuk mainan kayunya, Yulina punya sekitar 50 jenis mainan. Rata-rata setiap jenis mainan kayu bisa diproduksi sekitar 30 unit setiap bulan. "Saya butuh empat pekerja tetap untuk memproduksi mainan sebanyak itu," ujar ibu muda ini.

Sementara untuk mainan kain, terbagi dalam empat kategori seperti buku kain, dadu dan angka, papan flanel, serta papan bermain. Mainan yang paling laku, yaitu buku kain, diproduksi sekitar 60 buah setiap bulannya. "Kalau ada pesanan khusus dari proyek perusahaan bisa lebih dari itu," lanjut Yulina.

Selain memproduksi karyanya sendiri, Yulina juga mengimpor beberapa mainan plastik. "Harga aneka mainan di gerai saya antara Rp 2.000 sampai Rp 150.000," ujarnya. Yulina bilang, 90% pembelinya adalah agen atau perusahaan. Sehingga, produksi mainan edukatif Yulina didasarkan pada pesanan yang ada.

Legitnya laba mainan anak juga dirasakan oleh Hatta Noor Adhy. Selama setahun, Hatta memasarkan produk mainan edukatif dari kayunya di website pernik suvenir Tasya Suvenir yang beralamat di smartbags.multiply.com. Rata-rata setiap bulannya, Hatta menimang omzet sebesar Rp 15 juta.

"Saya menjual aneka puzzle kayu tiga dimensi dan puzzle dua dimensi untuk anak-anak pra TK dan TK," ujarnya. Beberapa puzzle kayu tersebut diproduksi sendiri oleh Hatta, namun ada juga titipan dari beberapa pengrajin kayu.

Hatta mengaku sangat serius menggarap bisnis mainan edukatif tersebut lantaran merunut pangsa pasarnya yang tak akan pernah lekang. Apalagi persaingan di bisnis ini masih belum terlalu sesak.

Harga produk puzzle tiga dimensi bikinan Hatta adalah Rp 50.000. Sementara produk puzzle dua dimensinya Rp 30.000. Harga tersebut lebih mahal dari produk titipan pengrajin lantaran kualitas dan mutu kayu yang dipakai beda.

Dari harga-harga tersebut, Hatta menikmati margin 15% jika produknya dijual ke agen atau reseller. Sementara bila dijual ke pembeli langsung, marginnya mencapai 40%.

Setiap bulannya, produk puzzle tiga dimensinya terjual rata-rata 300 unit. Tak hanya itu, Hatta juga melayani pemesanan khusus dari beberapa pemerintah daerah yang mempunyai program edukasi. Sehingga penghasilan Hatta terbilang masih aman walau pasar mainan edukatif sempat seret akibat krisis global.



Artikel Terkait:

0 comments:

Tips Menghindari Penipuan Berkedok Asuransi

Pemilik (Cadangan) Emas Terbesar Dunia, Indonesia Di nomor 37

Mengintip Tips Perjalanan Para Eksekutif Bisnis

Blue Ocean Strategy

Tips Membeli Emas Batangan, Emas Perhiasan & Emas Putih

Sales People: Amatir VS Professional

7 Kesalahan Terbesar dalam Marketing

Keterampilan Dasar Sales: Sudahkah Anda Miliki?

10 Konsep Marketing untuk Usaha Kecil

Peluang Usaha di Tahun 2010 yang Bakal Exis

8 Point Sederhana untuk Merebut Peluang Bisnis

9 Langkah Sukses Entrepreneur

10 Cara Efektif Mengurangi Hutang-Hutang Anda

Wanita-Wanita Berpengaruh dalam Bisnis

Kiat Sukses Usaha Waralaba

Bagaimana Mendanai Usaha?

Mengapa Hanya Sedikit Orang yang Sukses ?

Investasi di Bisnis Online, Kenapa Tidak?

Tak Takut Kaya, Tak Takut Miskin

Membuat Pelanggan Senang Berbelanja di Toko Anda

Tips Meningkatkan Pendapatan Adsense

Kunci Menuju Great Customer Service

Menciptakan Service Excellence Untuk Layanan Online

4 Kunci Utama dalam Melayani Pelanggan

Mengenali Faktor-faktor Kepuasan Pelanggan

Cara Memasarkan Produk Bisnis Online

Tips Bisnis Online Pemula :)

Tips Memulai Usaha Makanan

Tips Membangun Bisnis Cafe

Karakteristik Pengusaha Sukses

7 Tips Menjalankan Peluang Usaha Rumahan

Sukses Mengelola Wirausaha/Bisnis Online

Tips Cerdas dan Aman Memilih Asuransi

Tips Ampuh Menghapus Hutang Kartu Kredit

Tips Cerdas Menjadi Seorang Jutawan

5 Aspek Kesuksesan

5 Hukum Investasi Sepanjang Masa

Usaha Dengan Modal di Bawah 1 Juta

Pilih Investasi yang Menguntungkan

Inilah Siklus Karir Anda

4 Modal Menjadi Entrepreneur (Ternyata Bukan Uang)

Bagaimana Menjadi Komunikasi Yang Handal

Bodoh VS Pintar ala Bob Sadino

Contoh Usaha Mandiri

Apakah Mimpi Anda di Dalam Hidupmu?

How To Start a Business

Pilih Cara Mana Menerjuni Dunia Bisnis?

Memulai Usaha Sendiri

Cara Mem-Franchise-kan Usaha Anda