Strategi Penggunaan Waktu Efektif ala Peter Drucker

Mengelola waktu kita ialah hal terpenting yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan keefektifan tetapi banyak dari kita yang justru tidak pandai dalam mengelola waktu.

Pemikir manajemen dan bisnis, Peter Drucker, mengemukakan bahwa untuk menyelesaikan pekerjaan, pemimpin perlu waktu dalam jumlah banyak. Agar menjadi efektif, kata Drucker, setiap eksekutif harus mampu menghabiskan waktu dalam jumlah yang cukup banyak. Untuk menghabiskan waktu dalam jumlah kecil sebagai penyelesaiannya tidak akan mencukupi bahkan jika jumlah keseluruhan mencapai jumlah jam yang mencengangkan. Hal ini terutama berlaku untuk waktu yang dihabiskan untuk bekerja dengan orang.

Drucker menganjurkan untuk membuang hal-hal yang tidak perlu dilakukan. Tanyakan pada diri sendiri pertanyaan ini, "Apa yang akan terjadi jika semua ini tidak bisa selesai?" Dan jika jawabannya ialah tidak akan terjadi apa-apa kesimpulannya ialah segera berhenti melakukannya.

Pertanyaan berikutnya ialah, "Aktivitas yang manakah dalam catatan waktu saya yang bisa dilakukan oleh orang lain dengan sama baiknya, jika tidak bisa dengan lebih baik?" Akhirnya, pemimpin harus menanyakan pada dirinya sendiri jika mereka menghabiskan waktu orang lain tanpa tujuan yang jelas. Eksekutif yang efektif telah belajar untuk bertanya secara sistematis dan tanpa kepura-puraan. "Apa yang saya lakukan yang membuang waktu Anda tanpa memberi kontribusi kepada keefektifan Anda?"

Drucker membuat daftar tentang faktor-faktor yang membuang waktu dalam perusahaan sebagai “krisis yang terus menerus berulang” – sebuah kejadian yang selalu berulang bahwa perusahaan tidak belajar untuk menghadapinya secara sistematis, dan ‘malorganisasi’, yang gejala utamanya ialah rapat berlebihan. Ia juga berpendapat bahwa memiliki terlalu banyak staf juga bisa menyebabkan pembuangan waktu. “Orang saling menghalangi satu sama lain. Dalam sebuah perusahaan yang stafnya sedikit, orang memiliki ruang untuk bergerak tanpa harus bertabrakan satu sama lain dan bisa melakukan pekerjaannya tanpa harus menjelaskan sepanjang waktu.”

Tentukan prioritas utama dan kelola waktu Anda berdasarkan prioritas itu. Analisis bagaimana Anda menghabiskan waktu Anda. Tinggalkan hal-hal yang tidak perlu dilakukan, hal-hal yang bisa dilakukan orang lain dan waktu yang Anda bisa habiskan dengan orang lain yang tidak produktif. Temukan kesalahan dalam perusahaan yang membuang waktu orang lain: kurangnya sistem dan pandangan ke depan; terlalu sering rapat; dan mungkin terlalu banyak staf. Konsolidasikan waktu luang Anda menjadi bagian-bagian yang bisa dimanfaatkan.



Artikel Terkait:

0 comments:

Tips Menghindari Penipuan Berkedok Asuransi

Pemilik (Cadangan) Emas Terbesar Dunia, Indonesia Di nomor 37

Mengintip Tips Perjalanan Para Eksekutif Bisnis

Blue Ocean Strategy

Tips Membeli Emas Batangan, Emas Perhiasan & Emas Putih

Sales People: Amatir VS Professional

7 Kesalahan Terbesar dalam Marketing

Keterampilan Dasar Sales: Sudahkah Anda Miliki?

10 Konsep Marketing untuk Usaha Kecil

Peluang Usaha di Tahun 2010 yang Bakal Exis

8 Point Sederhana untuk Merebut Peluang Bisnis

9 Langkah Sukses Entrepreneur

10 Cara Efektif Mengurangi Hutang-Hutang Anda

Wanita-Wanita Berpengaruh dalam Bisnis

Kiat Sukses Usaha Waralaba

Bagaimana Mendanai Usaha?

Mengapa Hanya Sedikit Orang yang Sukses ?

Investasi di Bisnis Online, Kenapa Tidak?

Tak Takut Kaya, Tak Takut Miskin

Membuat Pelanggan Senang Berbelanja di Toko Anda

Tips Meningkatkan Pendapatan Adsense

Kunci Menuju Great Customer Service

Menciptakan Service Excellence Untuk Layanan Online

4 Kunci Utama dalam Melayani Pelanggan

Mengenali Faktor-faktor Kepuasan Pelanggan

Cara Memasarkan Produk Bisnis Online

Tips Bisnis Online Pemula :)

Tips Memulai Usaha Makanan

Tips Membangun Bisnis Cafe

Karakteristik Pengusaha Sukses

7 Tips Menjalankan Peluang Usaha Rumahan

Sukses Mengelola Wirausaha/Bisnis Online

Tips Cerdas dan Aman Memilih Asuransi

Tips Ampuh Menghapus Hutang Kartu Kredit

Tips Cerdas Menjadi Seorang Jutawan

5 Aspek Kesuksesan

5 Hukum Investasi Sepanjang Masa

Usaha Dengan Modal di Bawah 1 Juta

Pilih Investasi yang Menguntungkan

Inilah Siklus Karir Anda

4 Modal Menjadi Entrepreneur (Ternyata Bukan Uang)

Bagaimana Menjadi Komunikasi Yang Handal

Bodoh VS Pintar ala Bob Sadino

Contoh Usaha Mandiri

Apakah Mimpi Anda di Dalam Hidupmu?

How To Start a Business

Pilih Cara Mana Menerjuni Dunia Bisnis?

Memulai Usaha Sendiri

Cara Mem-Franchise-kan Usaha Anda