Majukan Bangsa dengan Berwirausaha

Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya, baik sumber daya alam maupun sumber daya manusianya. Akan tetapi, besarnya sumber daya ini ternyata tidak cukup mampu membawa Indonesia menjadi negara maju. Banyak sekali pendapat dan penyebabnya, salah satunya adalah kurangnya jumlah entrepreneur di Indonesia.

Untuk menjadi sebuah negara maju, dibutuhkan minimal 2% entrepreneur dari jumlah penduduk negara. Faktanya di Indonesia jumlah entrepreneur hanya 0.18%. Angka tersebut masih cukup jauh jika dibandingkan dengan Singapura yang mencapai 7,2% pada tahun 2005, Amerika Serikat 11,7% pada tahun 2007.

Namun yang cukup menggembirakan, sejak lima tahun terakhir penyebaran virus entrepreneur dan semangat wirausaha di Indonesia semakin meluas. Hal ini bisa dilihat dari semakin banyaknya acara-acara yang bertemakan entrepreneur digelar oleh kampus-kampus maupun komunitas bisnis.

Komunitas wirausahawan Tangan Di Atas (TDA) adalah salah satu komunitas bisnis yang sering mengadakan acara kewirausahaan. Sabtu, 6 Maret 2010, TDA Surabaya menyelenggarakan seminar “Berbisnis Bisa! Saya Bisa Anda pun Bisa!” di Elemen Café Surabaya. Acara ini dihadiri sekitar 150 orang dari berbagai kalangan, mulai dari pengusaha yang tergabung dalam komunitas bisnis Tangan Di Atas, para pekerja profesional, karyawan, guru, hingga siswa SMK.

Pembicara yang hadir dalam seminar tersebut antara lain Brian Arfi Faridhi, Tririan Arianto, Iin Budianto, dan Zainal Abidin. Mereka adalah wirausahawan yang sukses di bidangnya masing-masing.

Menurut Brian CEO PT DheZign Online Solution, menjadi seorang entrepreneur tidaklah mudah, banyak yang mencoba banyak pula yang gagal. Namun dengan fokus, keuletan dan ketekunan hal tersebut akan teratasi dan jalan pun akan terbuka. “Dalam bisnis hanya satu yang pasti, yaitu kegagalan. Namun kegagalan tersebut akan menghasilkan ketika kita terus mencoba dan mencoba”, tutur Juara Wirausaha Muda Mandiri 2009 dalam kategori industri kreatif mahasiswa ini.

Senada dengan Brian, Tririan Arianto pemilik PT. Mushroom Indonesia dan Juara Nasional Wirausaha Muda Mandiri 2009 kategori kuliner mengatakan, “Saya memulainya dari nol, namun dengan ketekunan, kerja keras, doa dan berbagi kepada sesama mampu mengantarkan saya hingga ke
titik ini.”

Ketekunan dan keuletan merupakan salah satu kunci sukses. Namun untuk menjaga semangat ketekunan dan keuletan akan sulit jika dilakukan seorang diri. Diperlukan tempat untuk saling berbagi. Salah satu tempat yang tepat adalah komunitas, karena di dalam komunitas setiap orang bisa saling berbagi baik kesuksesan maupun kegagalan.

Kesuksesan Brian dan Tririan juga tak lepas dari keterlibatan mereka dalam komunitas TDA. Sejak bergabung dalam komunitas TDA, kesuksesan mereka meroket. “Sebelum bergabung dengan komunitas saya hanya memiliki 3 outlet. Namun setelah saya bergabung dengan komunitas, saat itu jumlah outlet saya mencapai 10 outlet dalam 3 bulan”, tutur Tririan.

Pendapat Tririan diamini Iin Budianto. Sejak bergabung dengan komunitas TDA, Iin Budianto, pengusaha makanan dan pengusaha komputer ini mengaku pendapatannya meningkat hingga Rp 40 juta per bulan. Awalnya Iin adalah seorang karyawan dengan gaji yang tetap.

Sementara Zainal Abidin, dalam seminar tersebut mengungkapkan pandangannya tentang bagaimana cara memajukan bangsa dengan berwirausaha. Zainal mengatakan, untuk mencapai pertumbuhan ekonomi 1%, di Indonesia diperlukan jumlah angkatan kerja sebanyak 300 ribu orang. Jika seorang pengusaha mampu menyerap 5 pekerja saja, maka diperlukan hanya 60 ribu pengusaha. “Angka tersebut akan mudah dicapai jika terbentuk komunitas-komunitas bisnis,” tambahnya.

Sumber : ureport.vivanews.com



Artikel Terkait:

0 comments:

Tips Menghindari Penipuan Berkedok Asuransi

Pemilik (Cadangan) Emas Terbesar Dunia, Indonesia Di nomor 37

Mengintip Tips Perjalanan Para Eksekutif Bisnis

Blue Ocean Strategy

Tips Membeli Emas Batangan, Emas Perhiasan & Emas Putih

Sales People: Amatir VS Professional

7 Kesalahan Terbesar dalam Marketing

Keterampilan Dasar Sales: Sudahkah Anda Miliki?

10 Konsep Marketing untuk Usaha Kecil

Peluang Usaha di Tahun 2010 yang Bakal Exis

8 Point Sederhana untuk Merebut Peluang Bisnis

9 Langkah Sukses Entrepreneur

10 Cara Efektif Mengurangi Hutang-Hutang Anda

Wanita-Wanita Berpengaruh dalam Bisnis

Kiat Sukses Usaha Waralaba

Bagaimana Mendanai Usaha?

Mengapa Hanya Sedikit Orang yang Sukses ?

Investasi di Bisnis Online, Kenapa Tidak?

Tak Takut Kaya, Tak Takut Miskin

Membuat Pelanggan Senang Berbelanja di Toko Anda

Tips Meningkatkan Pendapatan Adsense

Kunci Menuju Great Customer Service

Menciptakan Service Excellence Untuk Layanan Online

4 Kunci Utama dalam Melayani Pelanggan

Mengenali Faktor-faktor Kepuasan Pelanggan

Cara Memasarkan Produk Bisnis Online

Tips Bisnis Online Pemula :)

Tips Memulai Usaha Makanan

Tips Membangun Bisnis Cafe

Karakteristik Pengusaha Sukses

7 Tips Menjalankan Peluang Usaha Rumahan

Sukses Mengelola Wirausaha/Bisnis Online

Tips Cerdas dan Aman Memilih Asuransi

Tips Ampuh Menghapus Hutang Kartu Kredit

Tips Cerdas Menjadi Seorang Jutawan

5 Aspek Kesuksesan

5 Hukum Investasi Sepanjang Masa

Usaha Dengan Modal di Bawah 1 Juta

Pilih Investasi yang Menguntungkan

Inilah Siklus Karir Anda

4 Modal Menjadi Entrepreneur (Ternyata Bukan Uang)

Bagaimana Menjadi Komunikasi Yang Handal

Bodoh VS Pintar ala Bob Sadino

Contoh Usaha Mandiri

Apakah Mimpi Anda di Dalam Hidupmu?

How To Start a Business

Pilih Cara Mana Menerjuni Dunia Bisnis?

Memulai Usaha Sendiri

Cara Mem-Franchise-kan Usaha Anda