Pengertian ISO 9000 Sistem Standar Manajamen Mutu

ISO 9001:2000 adalah suatu standar internasional untuk sistem manajemen Mutu / kualitas. ISO 9001:2000 menetapkan persyaratan - persyaratan dan rekomendasi untuk desain dan penilaian dari suatu sistem manajemen mutu.

ISO 9001:2000 bukan merupakan standar produk, karena tidak menyatakan persyaratan - persyaratan yang harus dipenuhi oleh sebuah produk (barang atau jasa). ISO 9001:2000 hanya merupakan standar sistem manajemen kualitas.

Namun, bagaimanapun juga diharapkan bahwa produk yang dihasilkan dari suatu sistem manajemen kualitas internasional, akan berkualitas baik (standar).

Sehingga dapat disimpulkan bahwa Quality Management Systems (ISO 9001:2000) adalah:

1. Merupakan prosedur terdokumentasi dan praktek - praktek standar untuk manajemen sistem, yang bertujuan menjamin kesesuaian dari suatu proses dan produk (barang atau jasa) terhadap kebutuhan atau persyaratan tertentu, dimana kebutuhan atau persyaratan tertentu tersebut ditentukan atau dispesifikasikan oleh pelanggan dan organisasi.

Manfaat Penerapan ISO 9001:2000 adalah :
1. Meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan melalui jaminan kualitas yang terorganisasi dan sistematik.

2. Meningkatkan brand image perusahaan serta daya saing dalam memasuki pasar global.

3. Meningkatkan kualitas dan produktivitas dari manajemen melalui kerjasama dan komunikasi yang lebih baik, sistem pengendalian yang konsisten, serta pengurangan dan pencegahan pemborosan karena operasi internal menjadi lebih baik.

4. Sistem terdokumentasi dengan baik

5. Sebagai sarana pelatihan - pelatihan secara sistematik kepada seluruh karyawan dan manajer organisasi melalui prosedur - prosedur dan instruksi - instruksi yang terdefinisi secara baik.

6. Meningkatkan Kinerja karyawan

7. Menghemat biaya dan mengurangi duplikasi audit sistem kualitas oleh pelanggan.

8. Terjadi perubahan positif dalam budaya kerja. dll

ISO 9001 : 2000 berisi standard / elemen yang memungkinkan organisasi / industry dalam melakukan perbaikan yang berkesinambungan ( Continual Improvement ) pada :
1. Proses yang terkait dengan pelangan
2. Sistem Kepemimpinan / Leadership
3. Manajemen sumber daya
4. Perbaikan dan peningkatan proses
5. Sistem manajemen
6. Sistem perbaikan yang berkesinambungan
7. Pengambilan keputusan yang Factual
8. Hubungan saling menguntungkan dengan pemasok

PENGERTIAN MUTU: gambaran dan karakteristik menyeluruh dari barang/jasa, yang menunjukan kemampuannya dalam memuaskan konsumen sesuai dengan kebutuhan yang ditentukan.
· Memenuhi persyaratan konsumen/pelanggan
· Sesuai dengan kegunaan
· Memuaskan pelanggan pada biaya kompetitif
· Resultante dari karakteristik produk dan jasa pemasaran,
· Rekayasa, pembuatan dan pemeliharaan yang membuat produk
· Dan jasa yang digunakan memenuhi harapan konsumen/
· Pelanggan


MANAJEMEN MUTU (QUALITY MANAGEMENT): Untuk mengantisipasi persaingan, aspek mutu perlu selalu di evaluasi dan direncanakan (perbaikan/peningkatan) melalui penerapan fungsi-fungsi manajemen mutu

MANAJEMEN MUTU TERPADU (TOTAL QUALITY MANAGEMENT) / TQM: bukan hanya fungsi produksi yang mempengaruhi kepuasan pelanggan terhadap mutu tetapi tanggung jawab terhadap mutu tidak cukup dibebankan kepada bagian tertentu saja, tetapi sudah menjadi tanggung jawab seluruh individu di perusahaan .

MANAJEMEN MUTU:
semua aktifitas dari keseluruhan fungsi manajemen yang menetapkan kebijakan mutu, tujuan dan tanggung jawab perusahaan, serta melaksanakannya dengan cara seperti perencanaan mutu, pengendalian mutu, pemastian mutu dan peningkatan mutu di dalam sistem mutu.

SISTEM MUTU:
Struktur organisasi, prosedur, proses dan sumberdaya yang diperlukan untuk menerapkan manajemen mutu.

MANAJEMEN MUTU --> KEGIATANNYA

SISTEM MUTU --> WADAHNYA

TUJUAN AUDIT MUTU: Dilihat dari dampak globalisasi:
· Produk bermutu
· Persyaratan yang dituntut pasar
· Batas antar negara tidak ada
· Dituntut kesamaan standar terhadap mutu

Catatan: untuk konsistensi mutu produk yang dihasilkan perlu pengendalian mutu (quality control)


PENGENDALIAN MUTU: Dilihat dari aktifikasi inspeksi :
· Memeriksa produk
· Menerima memakai syarat
· Menerima tidak memakai syarat

Pada awalnya ISO 9000 sebagai tuntutan pasar ternyata memberikan nilai tambah:
· Peningkatan produktifitas
· Peningkatan efisiensi
· Penurunan biaya
· Peningkatan kepuasan pelanggan

Maka dirasakan sebagai kebutuhan perusahaan.

Awal 1987 s/d maret 1990 --> 95.187 sertifikat
· 50 % perusahaan di inggris
· 20 % perusahaan di eropa
· sisanya afrika, asia barat, asia tenggara

Indonesia :
1996 --> ada 170 perusahaan
2001 --> ± 3000 perusahaan

Seri standar iso 9000 ini terdiri dari klausul – klausul yang mengatur mulai tanggung jawab manajemen terhadap mutu sampai dengan hal – hal teknis yang menyangkut :
· Pembelian bahan baku
· Perencanaan mutu
· Pengendalian proses
· Pengujian produk akhir
· Pelayanan pelanggan dll

Seri ISO 9000 dibedakan atas:
· ISO 9001 --> ada 20 klausul
· ISO 9002 --> 19 klausul
· ISO 9003 --> 16 klausul

Sertifikasi yang diperoleh di audit setiap 6 bulan oleh badan sertifikasi (auditor)

ISO 9001 ; ISO 9002 ; ISO 9003 --> Kategori Kontraktual
Perusahaan memerlukan bukti pengakuan dari pihak ketiga dalam bentuk sertifikat dari badan sertifikasi dalam penerapan standar diperlukan lembaga pendukung seperti :
· Konsultan
· Lembaga Sertifikasi
· Lembaga Akreditasi
· Laboratorium Penguji, dsb

Berikut prosedur sertifikasi standar produk di Indonesia:

READ MORE - Pengertian ISO 9000 Sistem Standar Manajamen Mutu

Inilah Siklus Karir Anda

Postingan kali ini langsung membicakaran mengenai karir kita, termasuk karir di bisnis internet. Jadi yang 100% bekerja di dunia online menjalani bisnis pribadi juga boleh nimbrung.

Jalur Biru

Selama ini siklus karir yang lazim diikuti dan selalu disarankan oleh para orang tua adalah jalur Biru seperti pada gambar sklus karir di bawah ini.


Siklus Karir

Anak muda yang lulus kuliah, berapapun index prestasinya cenderung untuk mencari pekerjaan. Buat kebanyakan orang, ini adalah fase yang teramat berat perjuangannya, dapat memakan waktu beberapa bulan bahkan sampai beberpa tahun. Meski tak jarang untuk sebagian orang hanya memerlukan beberapa bulan saja, bahkan cukup dalam hitungan minggu.

Pada tahun ke-2 bekerja, anak muda ini kemudian menjadi ayah muda. Untuk beberapa orang tertentu ia adalah seorang ayah yang dapat memberi pendidikan berkualitas bagi anak-anaknya, tambahan ketrampilan (kursus tambahan), memberi pakaian sangat bagus, makanan bergizi, jaminan kesehatan, uang jajan yang banyak banged, juga dapat memberikan rekreasi keluar negeri pada saat liburan sekolah (mungkin fasilitas ini lebih banyak diberikan oleh para pengusaha untuk anak-anak dan istrinya).

Akan tetapi untuk kebanyakan ayah muda, semua fasilitas diatas terpaksa dipangkas karena kendala penghasilan yang tidak memadai (kasihan istri dan anak-anak ya…). Semakin besar kebutuhan dengan semakin besarnya anak-anak mereka, sampai suatu ketika kebutuhan melebihi besarnya pendapatan (cashflow mulai goyang nih…). Ketika tempat ia bekerja tidak dapat lagi memenuhi kebutuhan, ayah agak tua (bukan ayah muda lagi) mulai mencari-cari sumber pendapan lain (tapi masih tetap bekerja menjadi Karyawan…, nyambi : bisnis di internet dll). Boleh jadi perkejaan mulai sedikit terganggu…. (kasihan kantor ya…).

Bisnis

Tidak bisa tidak, bisnis ini harus berhasil sehingga dapat mengimbangi kebutuhan yang semakin meningkat (para karyawan…, yuk kita persiapkan bisnis dengan matang). Bayangkan kalau bisnisnya gagal…, sudah dipastikan setiap bulan selalu defisit sehingga harus rela melepas asset satu persatu (kalau punya..hehe…) untuk menutupi selisih anggaran keluarga. Jadi jelas ya…, bisnis ini kudu berhasil! Bisnis apapun yang dijalani saat ini (asalkan halal ya…), dilarang gagal! Ini untuk kebahagiaan istri dan anak-anak, juga ortu, mertua, tetangga, anak yatim, fakir, pembantu, bangunan ibadah, rekening zakat, anak-anak jalanan dst.

Suatu ketika penghasilan dari bisnis akan melebihi gaji bahkan sampai beberapa kali lipat. Uang gaji sudah tidak dibutuhkan lagi sehingga mengambil keputusan resign dari perusahaan tempat bekerja. Inilah goal setting yang harus dibuat oleh para Karyawan. Yuk…., susun dengan matang, rapi, realistis, terukur, dan benar-benar goal setting ini dapat hadir di depan mata. Susun pula road mapnya sehingga bisnis bisa berjalan dengan baik. Siapkan jalan alternative kalau jalan yang sudah dibuat (road map) ternyata rusak karena banjir, longsor, atau terkena proyek pemerintah dll. Kawal goal setting dengan baik.

Kalau boleh memutar waktu ke belakang, saran buat para Karyawan adalah ambilah ”jalur orange” spt pada gambar diatas. Kalau sudah terlanjur jadi Karyawan yang ”tidak sukses” karirnya, maka saat ini adalah waktu yang tepat untuk menyusun ulang rencana anda. Kenapa? Karena menjadi Karyawan adalah sekedar mengumpulkan modal untuk kemudian memulai bisnis pribadi, bukan untuk dijalani sepanjang hidup.

Jalur Orange Entrepreneur

Sekarang akan kita bicarakan mengenai jalur orange seperti yang telah saya janjikan minggu kemarin. (Angka-angka 1 s.d 5 dalam gambar diatas sebenarnya harus mendapat banyak penjelasan, tetapi karena keterbatas ruangan ini akan saya bahas pada postingan khusus pada kesempatan lain).

Sampai Kapan kudu Sekolah.

Tidak sedikit laporan menganai entrepreneur yang berhasil menekuni jalur orange tanpa mendapat pendidikan yang memadai. Mungkin keterbatasan yang melengkapi kehidupannya semasa kecil sehingga tidak sempat mengikuti pendidikan dasar dan menengah. Boleh jadi entrepreneur berhasil ini hanya lulusan SD atau SMP, tetapi asset yang dimiliki sekarang melebihi mereka yang mengenyam pendidikan sampai perguruan tinggi. Pendidikan formal tidak selalu berkorelasi dengan besarnya asset yang dimiliki di kemudian hari.

Jadi, kapan sekolah formal kudu disudahi? Sesuaikan saja dengan kondisi masing-masing individu. Yang dapat dijawab justru pertanyaan mengenai kapan sekolah bisnis harus dimulai? Ciputra menyarankan mulai enam tahun mereka kudu dibekali pendidikan mengenai bisnis….

Sekolah Bisnis dari Universitas Kehidupan Nyata

Ketika pengusaha ditanya kapan mereka mulai mengenal bisnis? Ia sering menceritakan kehidupan “susah” masa kecilnya ketika harusmembantu orang menjual ayam potong di pasar, atau mencari rumput untuk dijual kepada pemilik ternak (sapi, kambing dll), atau membantu orang tua melayani pelanggan warung nasi.

Tetapi ada pula perilaku bisnis yang memang tumbuh dimasa kecil (dan ini biasanya sangat mengesankan ketika dewasa) misalnya kegiatan membuat layang-layang dan menjual ke rekan-rekan sepermainannya. Perilaku bisnis masa kecil seperti ini biasanya merupakan “respon” terhadapat pendidikan hemat atau pengalaman hidup susah pada masa kecilnya. Hal ini sangat berpengaruh terhadap kualitas pribadi seseorang dalam menghadapi kesulitan-kesulitan ketika dewasa, termasuk kesulitan finansial.

Jadi Saya Terlambat?

Untuk membangkitkan kembali semangat bisnis anda yang ingin meniti jalur orange, anda dapat menginventarisir pengalaman masa kecil anda satu per satu. Kegiatan inventarisir ini bermanfaat untuk memunculkan ide bisnis anda masa kini. Saya dulu detika SD sering membuat layang-layang, tapi saya tidak berani menerbangkannya sampai sangat tinggi seperti temen-teman yang lain. Alasannya sangat sepele, takut putus. Padahal stok laying-layang saya sangat banyak (tidak berani ambil risiko kehilangan laying-layang). Hal sederhana dan tidak masuk akal seperti ini sering dihadapi oleh pebisnis pemula, sehinga ia tidak berana memulai. Akibatnya, ia terus dalam kubangan menyengsarakan.

O-ya, karena stok layang-layang saya banyak dan saya tidak berani menerbangkannya, teman-teman SD saya sering membeli layang-layang saya. Kabar baiknya, saya memproduksi layang-layang lebih banyak lagi untuk saya jual. Tapi kegiatan “bisnis” ini berhenti ketika musim layang-layang berakhir karena saat itu saya belum tahu caranya mengantisipasi “masa krisis”, yaitu berakhirnya musim layang-layang (biasanya musim hujan).

Yuk, coba share pengalaman bisnis anda semasa ekcil di kolom komentar… atau pengalaman apapun yang terkait dengan pekerjaan atau profesi anda saat ini.
READ MORE - Inilah Siklus Karir Anda

Membidik Untung Berlimpah dari Bisnis Rosella

TEGAL - Masyarakat Tegal dan sekitarnya tentu tidak asing lagi mendengar nama rosella.
Tetapi, masih sedikit masyarakat yang mengetahui khasiat tanaman asal Afrika dengan nama latin florido cranberry, atau biasa dikenal sebagai teh merah.

Kelopak bunga rosella memiliki khasiat menstabilkan gula darah, kolesterol, mengobati batuk, mencerdaskan otak, menyembuhkan asam urat, dan sebagainya. Dengan semua khasiat yang ada, peluang bisnis melalui rosella terbuka lebar dan menjanjikan keuntungan yang tidak sedikit.

RAGAM OLAHAN

Direktur Personality School Tegal Barjo Sarwo Utomo mengatakan, untuk menciptakan dan mengembangkan usaha melalui rosella, pihaknya menggelar workshop setiap Kamis dan Sabtu.

Workshop ini memberikan materi teori serta praktik kepada seluruh peserta tentang pembuatan berbagai olahan berbahan rosella, seperti sirup serta selai. Setelah mendapatkan penjelasan dan praktik langsung, peserta diharapkan bisa terus mengembangkan apa yang didapat untuk dijadikan sebagai usaha dengan modal yang kecil sekalipun.

Untuk membuat sirup, rosella yang telah kering cukup diolah sederhana menggunakan blender, gula pasir, serta air secukupnya. Hal ini dilakukan untuk mengurangi rasa asam yang ada, sehingga tetap nikmat dijadikan minuman dingin maupun selai untuk membuat isi roti dan sebagainya.

Untuk 50 gram rosella kering yang dijual Rp 10 ribu, bisa menghasilkan 600 ml sirup kental atau setara dengan 3 liter sirup cair siap konsumsi.

’’Dengan khasiat yang besar, rosella sangat potensial untuk dikembangkan menjadi bisnis yang sangat menjanjikan,” terangnya.

Lebih lanjut Barjo menambahkan, bagi peserta workshop serta masyarakat yang ingin membuka usaha tersebut, pihaknya juga menawarkan sebuah konsep pemasaran Sederhana Membawa Berkah (SMB).

Dengan kosep pemasaran tersebut, masyarakat cukup membayar Rp 10 ribu sebagai anggota dan akan mendapatkan benefit tertentu ketika ada teman atau keluarga yang ingin bergabung menjadi anggota atau membeli rosella kering yang dikemas dalam ukuran 50 gram untuk dibuat menjadi berbagai olahan untuk selanjutnya dijual kembali.

Dengan konsep pemasaran tersebut, tentunya setiap anggota bisa mendapatkan keuntungan berlipat, yaitu bisa tetap menjadikan rosella sebagai komoditas untuk membangun sebuah bisnis baru yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan, serta bisa menularkan informasi berharga tersebut kepada orang lain. Sehingga bisa bersama-sama menciptakan usaha baru.

Manfaat rosella yang sangat besar semakin terasa ketika dikemas dengan proses produksi yang tepat sesuai kebutuhan, serta dukungan konsep pemasaran yang sederhana tetapi bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah yang tidak sedikit.

’’Selain bermanfaat bagi kesehatan, rosella juga menjanjikan sebuah peluang usaha dengan modal sedikit tetapi memiliki prospek yang cerah untuk dikembangkan,” tandasnya. (gun)

Khasiat Kelopak Bunga Rosella


Manfaat:
1. Penetral racun
2. Menurunkan hipertensi/darah tinggi
3. Menurunkan kadar gula dalam darah
4. Menurunkan kolesterol
5. Mencerdaskan otak
6. Melangsingkan tubuh
7. Mencegah kanker
8. Meredakan batuk kronis
9. Menurunkan suhu badan
10. Menambah gairah
Kandungan per 100 gram kelopak bunga Rosella:
Kalori: 49 kal
H2O: 84.5%
Protein: 1.9 gram
Fats: 0.1 gram
Karbohidrat: 12.3%
Beta-carotene: 3 gram
Fiber (serat):1.2 gram
Ash: 1.2 gram
Kalsium (Ca): 0.0172 mg
Phosphor: 0.57 mg
Fe: 0.029
Asam Askorbat: 0.14 mg
Cara Penyajian:
Kelopak bunga Rosella segar dapat dijus dengan campuran gula/susu. Dapat juga diseduh dengan air panas ditambah dengan gula/madu, tunggu beberapa saat untuk mendapatkan warna, aroma dan kesegaran yang mantap. Bisa disajikan hangat maupun dingin tanpa efek samping.
Harga:
Rp. 15.000 (Berat: 150 gram) + ongkos kirim via Tiki

Kembangkan Rosella Untuk Tingkatkan Pendapatan

Pertanian padi ternyata kurang sesuai untuk diterapkan di Majatra, Kecamatan Pulau Rimau, Kabupaten Banyuasin. Sistem irigasi di Majatra telah banyak yang rusak dan sulit diperbaiki. Sedangkan, tingkat keasaman tanah cukup tinggi sehingga tak cocok untuk tanaman padi. Karena itu, BINA VITALIS dan petani dampingannya mulai mengembangkan budidaya rosella (Hibiscus sabdariffa) yang dirasa potensial untuk mendatangkan keuntungan.

Sebelum itu, pada 2001-2005, Yayasan BINA VITALIS bersama dengan CRS/www.crs.org (Catholic Relief Services) dan petani di Majatra mengadakan program PRA/ http://en.wikipedia.org/wiki/Participatory_rural_appraisal (Participatory Rural Appraisal) untuk membangun pertanian padi yang berkelanjutan di Majatra.
Menurut Hargo Pramudya, Direktur BINA VITALIS, selama ini petani di Majatra mengandalkan padi sebagai sumber pendapatan, menjadi buruh, atau tukang becak di kota untuk memperoleh pendapatan tambahan.

“Awalnya kami melihat di halaman petani tumbuh rosella. Petani menggunakannya untuk hiasan dan bumbu,” kata Hargo. Selama ini, rosella memang banyak dimanfaatkan sebagai teh herbal yang berkhasiat untuk kesehatan. Setelah mengetahui rosella memiliki banyak manfaat maka BINA VITALIS dan beberapa petani dampingannya mulai membudidayakan rosella. “Beberapa petani mulai mencoba. Sebulan sekali kami ambil dan olah serta dikeringkan,” ujarnya.

Ternyata membudidayakan rosella di Majatra lebih mudah dibandingkan membudidayakan padi. “Lebih mudah perawatannya, hama relatif lebih kecil, jadi kami coba galakkan penanaman dan kami coba pasarkan,” lanjut Hargo.
Jumlah rosella yang dihasilkan para petani rata-rata mencapai 25-30 kilogram per bulan. Meski begitu, menurut Hargo, saat musim kemarau jumlah panen berkurang menjadi rata-rata 20 kilogram per bulan. “Tapi untuk sekarang kami masih menampung kurang lebih 200 kilogram rosella yang siap olah,” ujar Hargo.

Rosella yang telah diolah kemudian dikemas dalam kantong-kantong plastik bersablon dan dipasarkan ke Palembang, Manado, dan Ternate. Satu kemasan beratnya kurang lebih 20 gram dan dijual dengan harga Rp 5 ribu. Dengan adanya minat masyarakat terhadap rosella, petani di Majatra dapat memperoleh pendapat tambahan.

Saat dihubungi terpisah, Lucky Yoseph, Ketua Yayasan BINA VITALIS mengatakan bahwa pernah ada tawaran untuk mengekspor produk ini ke Malaysia. “Ternyata warna dan tingkat pengeringan kita lebih bagus. Kalau di Malaysia yang diolah bijinya. Setelah dibandingkan, produk rosella yang di Majatra rasanya lebih baik, ada rasa asamnya,” ujar Lucky.

Namun, karena tak bisa memenuhi permintaan untuk mengekspor rosella sebanyak 1 ton per bulan, tawaran ini pun terpaksa ditolak. “Kami belum bisa penuhi karena belum ada dana (modal). Dan, untuk menanam rosella masyarakat minta kepastian (akan dibeli),” lanjut Lucky.

Kendala PengembanganMeski berpotensi menguntungkan, beberapa kendala masih menghalangi pengembangan bisnis rosella di Majatra. Sampai sekarang, cara pengolahan rosella yang dihasilkan oleh petani di Majatra masih sangat sederhana. “Produk dikeringkan kemudian dirajang.” ujar Lucky.

Agar rosella yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik, proses pengeringan harus dilakukan secara cermat. “Kalau terlalu lama dikeringkan atau dirajang bisa jadi gosong. Sedangkan kalau terlalu lembab bisa timbul jamur. Karena itu kami butuh alat pengering,” kata Lucky.

Sampai saat ini, Hargo menerangkan bahwa jumlah petani yang menjalankan budidaya rosella baru berjumlah kurang lebih 70 petani. “Belum semua tertarik ikut karena gak yakin akan ada yang beli dan pengolahannya dipandang njlimet,” kata Hargo.

Selain itu, lokasi Majatra yang jauh dan sulit untuk ditempuh juga menjadi kendala. Dari kantor BINA VITALIS menuju desa Majatra bisa memakan waktu sampai lima jam. “Apalagi kalau musim hujan, bisa bermalam di jalan,” ujar Hargo.

Kendala lainnya adalah pemasaran. Selama ini rosella hasil budidaya petani Majatra masih dipasarkan dalam kemasan plastik yang disablon. Karena itu, Hargo berharap dapat menjalin kerjasama dengan lembaga lain yang bersedia memberikan pengetahuan tentang pemasaran. “Kami ingin belajar lagi pemasaran yang sungguh bisa menyerap hasil produksi. Kami ingin belajar melakukan promosi dan membuat kemasan yang menarik yang bisa membuat konsumen ingin membeli produk kami,” kata Hargo.

Padahal jangka waktu tanam sampai panen untuk rosella terbilang cepat. Setelah tanam, empat sampai enam bulan kemudian sudah bisa dipanen.
READ MORE - Membidik Untung Berlimpah dari Bisnis Rosella

4 Modal Menjadi Entrepreneur (Ternyata Bukan Uang)

Inspirasi dari Entrepreneur

Laporan oleh Hayat Mansur

Walau banyak kasus korupsi dan persoalan lainnya, ekonomi negara kita bisa tetap berjalan. Ini tentu saja berkat ada penggerak-penggerak di masyarakat yang tidak tergantung pada peraturan dan pemerintah. Mereka yang jarang diketahui orang ini disebut entrepreneur. Ini beberapa dari mereka dan upaya yang telah dilakukan untuk menjadi inspirasi dan motivasi bagi kita.

Wimar’s World Rabu malam (28/3) menghadirkan tiga orang entrepreneur yaitu Bob Sadino (pemilik supermarket Kem Chicks), Hadrijanto Satyanegara (PR Manager Patrakom), dan Fred Hehuwat (salah satu pendiri Yayasan ASHOKA Indonesia). Mereka adalah orang-orang yang tidak putus asa bahkan bersemangat dan memberi contoh kepada kita. Berikut potongan percakapan mereka dengan Wimar Witoelar.

Empat Modal Entrepreneur

Wimar: Katanya, Anda dulu pelaut, lalu bagaimana Anda bisa sampai menjadi entrepreneur dengan membuka supermarket?

Bob: Sederhana saja. Saya dulu bekerja di negeri Belanda dan berkeliling Eropa. Ketika kembali ke Indonesia, saya melihat telor di sini berbeda dengan telor yang saya lihat di Eropa.

Wimar: Apa bedanya?

Bob: Beda bentuknya. Jadi, saya meminta orang mencari ayam yang bisa bertelor.

Wimar: Apakah saat itu Anda sudah ahli ayam atau telor?

Bob: Salah satu faktor saya menjadi seperti saat ini karena saya beruntung tidak mengetahui apa-apa.

Wimar: Apakah Anda mempunyai banyak teman di bank yang bisa menyediakan modal?

Bob: Bank hanya untuk menabung saja

Wimar: Jadi tidak betul orang membutuhkan modal untuk membangun usaha baru.

Bob: Apa pengertian modal itu? Banyak orang hanya menterjemahkan modal itu hanya benda yang bisa dilihat dan dihitung saja, pokoknya uang. Sebetulnya ada modal yang tidak bisa dilihat. Ini modal pegangan bagi seseorang untuk menjadi entrepreneur yaitu,

Harus mempunyai kemauan

Tekad yang bulat

Keberanian mengambil peluang.

Ada sejuta peluang di luar sana termasuk di dalam badan kita sendiri

Wimar: Bob, saya bertemu banyak sekali orang yang ingin menjadi enterpreuner. Katanya, itu susah sekali karena iklim tidak kondusif, peraturan tidak berpihak pada pengusaha. Bagaimana ini Bob?

Bob: Ketiga faktor tadi belum membuat seseorang untuk masuk menjadi enterpreuner. Faktor keempat adalah Anda jangan cengeng dan tahan banting.

Manfaatkan Teknologi

Wimar: Kita beralih ke Hadrijanto. Perusahaan Anda menyediakan sarana telekomunikasi di perusahaan terpencil. Bagaimana perusahaan Anda bisa berbisnis di daerah terpencil?

Hadrijanto: Kita melihat ada peluang usaha dan keterbatasan saran telekomunikasi terutama di luar Pulau Jawa. Mereka mempunyai kebutuhan dan terkadang mereka memiliki uang. Telekomunikasi itu bukan lagi kebutuhan sekunder tapi sudah primer. Karena itu kita berupaya membantu menyediakan sarana telekomunikasi di daerah terpencil.

Wimar: Berapa banyak dan dimana contohnya?

Hadrijanto: Di Kalimantan Timur seperti di daerah pedalaman Samarinda, Tabang. Kalau sekarang jumlahnya sekitar 150 unit

Wimar: Jadi karena daerah terpencil maka mereka mesti wireless. Jadi dipergunakan satelit.

Hadrijanto: Iya, kita mengadakan warung telekomunikasi satelit (Wartelsat).

Wimar: Kuncinya di sini mahal tapi kok bisa dikerjakan dan orang tidak membayar mahal. Jadi, siapa yang memberikan dukungan sehingga ini tersedia?

Hadrijanto: Sebenarnya yang mendukung itu teknologi. Kita memanfaatkan teknologi yang ada. Kita melakukan rekayasa teknologi di dalamnya sehingga kita bisa. Secara kualitas memang tidak bisa mencapai seperti cyber atau berlangganan, tapi untuk daerah terpencil cukup memadai agar ada sarana telekomunikasi.

Wimar: Apakah investasi itu akan kembali dari sisi uang?

Hadrijanto: Mungkin bukan kembali tapi kita berusaha mencapai break event point saja. Itu sudah bagus.

Wimar: Itu mungkin perbedaannya antara perusahaan tempat Anda bekerja dengan Bob Sadino. Kalau Bob, pure entrepreneur yaitu investasi dan uang kembali. Sedangkan Anda, ada yang investasi dan kembali dalam bentuk menyenangkan masyarakat.

Social Entrepreneur ASHOKA

Wimar: Ini yang ketiga Fred Hehuwat. Dia pada 1983 mendirikan Yayasan ASHOKA Indonesia. Saya tahu karena turut mendirikannya, tapi saya tidak tahu kelanjutannya. ASHOKA memakai konsep social entrepreneur. Apa konsep itu dan apa yang dikerjakan Ashoka saat ini?

Fred: Kalau kita biasanya mengaitkan dengan kegiatan ekonomi. Memang lahirnya istilah social entrepreneur ini dari Ashoka. Kalau kita membandingkan sektor ekonomi dan industri yang perkembangannya sangat maju maka bidang sosial seperti pendidikan dan kesehatan tertinggal. Kalau kita melihat kondisi di Indonesia, kondisi sosial merupakan yang sangat parah. Siapa yang menangani ini? Biasanya kita menggantungkan harapan pada pemerintah. Kita semua tahu pemerintah banyak keterbatasannya. Kalau ini tidak ada jalan pintas yang diciptakan maka keadaannya makin lama makin ketinggalan.

Wimar: Apa orang yang dibina ASHOKA?

Fred: Kita membina orang-orang yang memiliki program-program entrepreneur. Awalnya, seseorang melihat keadaan, mengenal lapangan, mempunyai ide cemerlang, mempunyai kemampuan menyelesaikan masalah, tidak tergantung fasilitas, dan sebagainya, maka ide cemerlang itu akan kita bantu. Kita mencari orang-orang seperti itu.

Wimar: Berapa orang yang sudah dibina sejak 1989?

Fred: Sekarang ada sekitar 140 orang di Indonesia.

Wimar: Ini konsepnya internasional. Kalau dengan contoh konsep internasional, kita mungkin lebih mengerti social entrepreneur itu?

Fred: Kalau kita melihat social entrepreneur yang top adalah Muhammad Yunus dari Banglades dengan program di Grameen Banknya sehingga meraih hadiah Nobel. Idenya itu yang paling unik dan bagus.

Wimar: Kalau saya membaca di brosur Anda, ASHOKA banyak juga bergerak di daerah-daerah. Bagaimana cara mengatasi hambatan-hambatan yang terjadi di sana?

Fred: Saya kira mereka tidak akan menunggu sesuatu tapi melihat keadaan. Kemungkinan-kemungkinannya berbeda. Kendalanya juga berbeda. Jadi mereka sama sekali tidak menunggu sesuatu dari luar. Dari mereka sendiri tumbuh ide, "Oh, keadaannya begini. Ini yang bisa saya lakukan."

Wimar: Bagaimana Anda memilih orang yang akan dibina itu?

Fred: Saya kira kita memang memilah-milah orang terutama berdasarkan penilaian,

Apakah idenya itu baru?

Apakah orang yang melakukan itu, menurut penilaian kami, mempunyai kemampuan?
Bagaimana dampaknya ide tersebut? Kalau dampaknya kecil maka kita tidak tertarik.
Wimar: Kalau Bob Sadino 50 tahun lalu yaitu saat masih remaja, apakah bisa menjadi pilihan ASHOKA? Apakah syarat-syarat yang ada pada diri Bob itu yang dicari ASHOKA?

Fred: Mungkin sifat-sifatnya iya, tapi bidangnya mungkin tidak. Bob tentu ingin berhasil secara komersial, sedangkan yang kita nilai adalah bagaimana dampaknya pada kehidupan sosial.

Alfi (penelpon dari Bekasi): Saya sangat tertarik dengan Yayasan ASHOKA Indonesia. Bagaimana mekanisme kontrol terhadap orang yang didukung sebagai entrepreneur di ASHOKA?

Wimar: Jadi pertanyaannya bagaimana niat baik orang tersebut bisa dikontrol?

Fred: Pertama, kita memiliki jaringan yang cukup banyak sehingga dapat memberi informasi ke kita. Kedua, kita tentu memonitor bagaimana perkembangan selanjutnya dari orang yang didukung. Sesungguhnya ASHOKA sendiri tidak mau banyak mengontrol. Kalau entrepreneur mau berkembang jangan terlalu banyak dikontrol, jadi kita hanya memonitor saja.

Dampak Perubahan Pemerintah

Wimar: Kita telah mengalami perubahan drastis pemerintahan sejak 1998 hingga sekarang. Jika dibandingkan dengan situasi sebelumnya, apakah ada perbedaan perubahan tersebut untuk masing-masing bidang entrepreneur?

Fred: Sangat berbeda. Dulu kita untuk mendirikan ASHOKA harus mengumpet-umpet. Sekarang sangat leluasa

Bob: Iya ada perbedaan. Tapi Saya dari dulu tidak tertarik dengan pemerintah. Saya hanya ingin kami jangan terlalu banyak diatur-atur karena yang tahu mengenai usaha saya adalah saya.

Hadrijanto: Kalau kita melihat lebih baik sekarang karena peraturan pendukungnya jauh lebih baik dan sikap dari teman-teman daerah juga sudah lebih terbuka.

source:
http://www.perspektif.net/article/article.php?article_id=610
READ MORE - 4 Modal Menjadi Entrepreneur (Ternyata Bukan Uang)

Bagaimana Menjadi Komunikasi Yang Handal

Dalam berbagai forum seminar, saya sering mengingatkan pentingnya bagi setiap orang yang ingin sukses, untuk terus-menerus mengasah keterampilan komunikasi mereka. Pernahnya Anda berkomunikasi, berdiskusi bahkan sharing dengan orang-orang sukses?

Biasanya, pengalaman tersebut cukup mengesankan. Bahkan, beberapa sahabat saya mengatakan berbicara dengan orang sukses merupakan hal yang menyenangkan. Salah satunya adalah karena mereka menghargai, bahkan menganggap orang lain lebih penting darinya!

Mengenai hal ini, saya pun jadi teringat mengenai sebuah kisah yang pernah saya ceritakan dalam salah satu audio CD saya Social Intelligence for Success. Dalam audio CD ini, saya menceritakan mengenai dua orang yang terkenal di Inggris yaitu Benjamin Disraeli dan William Gladstone.

Kedua orang ini memiliki perbedaan yang sangat jelas karena sering kali dalam berpolitik, mereka berseberangan. Suatu ketika, ada seorang wanita diundang untuk jamuan makan dengan kedua orang terpandang ini. Setelah itu, si wanita ini dimintai pendapatnya.

Saat jamuan makan dengan William Gladstone selesai, sang wanita tersebut mengatakan, "Wah, setelah ngobrol dengan William Gladstone. Saya merasa ia adalah orang yang terpandai di Inggris."

Namun, menariknya, setelah jamuan makan malam dengan Benjamin Disraeli selesai, sang wanita itu berkata dengan bangga dan puas, "Setelah ngobrol dengan Mr. Disraeli, saya merasa sayalah orang yang terpandai di Inggris."

Nah, pembaca, setelah mendengarkan kisah ini, tipe orang seperti manakah yang Anda akan senang ajak bicara? Manakah yang akan bisa mempertahankan hubungan yang lebih langgeng dan jangka panjang? Anda pasti bisa menebaknya!

Bahkan dikatakan, salah satu rahasia komunikasi ulung dari Oprah Winfred adalah, setiap kali ke pesta dan undangan, dia selalu memfokuskan energinya kepada tamu dan orang sekelilingnya.

Seakan-akan setiap kali masuk ke ruang pesta, "Helo, itukah Anda? Senang bertemu Anda" Sementara, kebanyakan selebritas lainnya, kalau ke pesta seakan-akan mengomunikasikan, "Helo, inilah saya". Di sinilah kita melihat, bagaimana fokus energi saat berkomunikasinya orang biasa dengan orang yang sungguh sukses, betul-betul berbeda!

Mulai dari mana?

Begitu banyak buku yang mengajarkan teknik komunikasi yang luar biasa. Salah satunya, yang cukup menarik adalah buku Irresistible Attraction karya Kevin Hogan, yang merupakan salah satu ahli di bidang komunikasi bahasa tubuh.

Ada suatu tema mendasar dalam buku ini yakni kesimpulannya setelah sekian lama berinteraksi dengan para selebritas dan eksekutif sukses. Menurutnya, ada benang merah kesamaan prinsip yang membuat mereka menjadi pribadi menarik!

Prinsip sederhana tersebut intinya, mengatakan bahwa dalam setiap komunikasi kita harus selalu berbicara mengenai apa yang menjadi minat orang lain serta memfokuskan energi kita pada orang lain.

Mari kita tetap ingat bahwa "saya" (orang yang menjadi lawan bicara) akan selalu menjadi topik yang menarik dalam pembicaraan. Dengan memahami prinsip ini saja, maka proses komunikasi kita dengan siapa saja akan menjadi lebih memorable (diingat).

Nah, yang sering kali jadi masalah adalah, apa sih yang bisa menjadi minat orang lain? Minimal, saya menganjurkan dalam seminar dan workshop saya, empat hal penting yang dapat membuat pembicaraan kita selalu menarik.

4 Hal menarik

Keempat hal yang selalu menjadi topik menarik dalam setiap pembicaraan kita, dapat disingkat menjadi FORM. Form sendiri mempunyai dua makna. Makna pertama, tentunya dengan form ini, kita akan mengetahui bentuk/format dari komunikasi yang menarik. Arti kedua, tentunya yang lebih menarik, yaitu F-O-R-M.

FORM adalah singkatkan dari Family - Occupation - Recreation - Message. Cobalah gunakan formula ini untuk menjadikan komunikasi kita semakin menarik.

Mari kita mulai dengan bagian yang pertama, yaitu mengenai family (keluarga). Kita dapat membicarakan topik ini saat berkomunikasi dengan orang lain. Tentunya topik ini adalah topik yang menarik, kita bisa bertanya mengenai keluarganya, orang tuanya, pasangannya, anaknya serta hal - hal lainnya yang berkaitan dengan keluarga.

Topik yang menarik kedua untuk menjadi bahan pembicaraan adalah occupation (pekerjaan atau bisnis). Tentunya orang pun akan sangat suka jika ditanyakan mengenai hal - hal yang berkaitan dengan pekerjaan ataupun bisnis mereka.

Bisa saja kita menanyakan apa yang saat ini sedang mereka kerjakan, bagaimana kemajuan yang saat ini diperoleh, apa prestasi - prestasi yang pernah dicapai, bagaimana kreativitasnya dalam menghadapi tantangan, serta hal lainnya yang terkait dengan pekerjaan ataupun bisnis.

Ketiga, bisa juga bicara mengenai recreation (liburan atau waktu luang). Berbicara mengenai topik ini kita bisa menanyakan apa yang dilakukannya pada waktu senggang, apa hal yang paling disukainya saat berlibur, liburan di mana yang paling berkesan, film apa yang paling menarik, musik apa yang menjadi favorit, serta hal lainnya yang berkaitan dengan recreation yang akan menjadikan topik yang menarik.

Setelah kita berbicara mengenai topik tersebut jangan lupa dengan menutupnya dengan message (pesan). Katakanlah kepada lawan bicara kita bahwa kita sangat senang dan sangat menikmati pembicaraan dengannya. Ingat pula untuk bertukar kartu nama, nomor telepon ataupun alamat e-mail (jika kita baru pertama kali berkomunikasi), sehingga kemudian waktu kita bisa berkomunikasi dengan dia kembali.

Teknik 1 - Gali - 1

Inilah teknik yang biasa sering saya gunakan dalam berbicara dengan orang lain. Teknik ini saya namakan teknik 1 - Gali - 1. Dalam setiap komunikasi, tentunya akan dimulai dengan satu topik.

Mari kita usahakan fokus kepada topik tersebut. Godaan kita adalah kita cenderung mau dengan cepat beralih ke topik lainnya. Setelah itu yang perlu kita lakukan adalah dengan menggali lebih dalam mengenai topik tersebut.

Ini merupakan hal yang agak sulit. Karena kita cenderung untuk langsung meng-cut topik pembicaraan, bahkan seringnya kita menceritakan hal - hal yang lebih besar dari lawan bicara kita. Setop!

Lakukan minimal dua kali bahkan lebih dengan mengajukan pertanyaan yang akan membuat lawan bicara kita semakin tertarik dan menceritakan apa yang menjadi topik pembicaraan.

Tahap terakhirnya adalah ikatkan dengan satu kesimpulan yang menunjukkan keantusiasan kita dalam proses komunikasi tersebut. Ulangi kembali ke tahap awal, maka Anda akan menjadi komunikator yang ulung! Boleh dicoba kok!
READ MORE - Bagaimana Menjadi Komunikasi Yang Handal

Direktori Usaha Warnet dan Game Center


Bagi Anda yang ingin terjun dalam bidang usaha warnet dan game center, berikut daftar direktori yang berada di seluruh Indonesia:

PERANGKAT KOMPUTER

Info lebih lanjut dapat menghubungi:

Gudangcomputer
Orion Dusit Mangga Dua Lt. 2 No27
Telp: (021) 6597678, 30005169

BYTERPRO
Dusit Mangga Dua Lt. 1, No.12 - 14
Jl. Mangga Dua Raya - Jakrata Pusat
Telp: (021) 62302261
Fax: (021) 62302260

MICRO EMPORIUM
Orion Dusit Mangga Dua, Lt Dasar no. 30
Telp: (021) 6393067, 6398239, 6390622
Fax: (021) 6390622

Mac Mata
Orion Dusit Mangga Dua Lt. 2 No.08
Jl. Mangga Dua Raya - Jakarta Pusat
Telp: (021) 6127717, 30006137, 32584926
Fax: (021) 6126973

PT. Asricitra Pratama
Golden Plaza Blok J32
Jl. Rs Fatmawati No.15 Jakarta 12410
Telp: (021) 75900091 - 93
Fax: (021) 7597545

PT. Arahan Esa Informatika
Golden Plaza Blok. C 8-9 Jakarta Selatan
Telp: (021) 94636645, 95549000

---------------------------------------------------------------------------------------------

ISP (INTERNET SERVICE PROVIDER)

Info lebih lanjut dapat menghubungi:

PT. Megasus Infotech
Cyber Building Lobby Floor
Jl. Kuningan Barat No.8
Telp: (021) 52892299 Fac: (021) 52892395
Email: marketing@ayodance.com


PT. Boleh Net Indonesia
Cyber Building Lt.10
Jl. Kuningan Barat No.8 Jakarta
Telp: (021) 5269559 Yulianto
Fax: (021) (021) 5269654
Website: www.boleh.com

PT. Lyto Datarindo Fortuna
Cyber Building 1st Floor
Jl. Kuningan Barat, No.8 Jakarta Selatan
Telp: (021) 5269308
Plaza Kedoya - Blok DA No.9
Kedoya Selatan - Jakarta Selatan
Telp: (021) 5818415
Website: www.yto.net

PT. Sereniti Mega Media
Cyber Building Lt.3
Telp: 5265666
Website: www.serenity-game.com

Mitra.Net
Wisma Dharmala Lt.11 Suite 1101e
Jl. Pandlima Sudirman 101-103 Surabaya
Telp: (031) 5357655
Fax: (031) 5479110

Onelife
Cyber Building Lt.6
Jl. Kuningan Barat No.8 Jakarta Selatan
Telp: (021) 52905151

---------------------------------------------------------------------------------------------

FRANCHISE GAME ONLINE

PC24
Tawaran Investasi Rp. 85, 158 juta:

* Hardware Rp. 77, 158 juta
Yang diperoleh: Server Bekas MIKROTIK (untuk mangemnet bandwith) 21 window xp home edition = agreement unit warnet, 21 paket setting network game station software billing warnet komputer operator, 10 aktif speakre, head set dan webcam.

* Keperluan ISP Rp 8 Juta
Yang diperoleh: biaya pendaftaran & modem, biaya 1 bulan pertama CIR: 1:1 128, IIX 1MB

Javanet Café
* Café minimalis
Investasi : Rp. 291 juta
Franchise fee : 35 juta/5th
Pendapatan : Rp. 700 juta/th

* Full Café
Investasi : 335 juta
Franchise fee : Rp 45 juta/5th
Pendapatan : Rp 1 miliar/th
BEP : 2 th/3% pendapatn bersih

* Resto
Investasi : 400 - 600 juta
Franchise fee : 60 juta/5th
Pendapatan : Rp > 1 miliar/th
BEP: 2 th/3% pendapatan bersih

Info lebih lanjut dapat menghubungi:

Gedung PC24
Kompleks Ruko Kebayoran Center Blok A5
Jl. Raya Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Telp: (021) 7250439 (hunting) 7205932
Fax: (021) 7223412

Javanet Café
PT. Asricitra Pratama
Gloden Plaza Blok J32
Jl. Rs Fatmawati No.15 jakarta 12410
Telp: (021) 75900091-93
Fax: (021) 7597545
Website: www.java-cafe.net

---------------------------------------------------------------------------------------------

SOFTWARE MURAH UNTUK WARNET DAN GAME CENTER

Info lebih lanjut dapat menghubungi:

APWKOMTEL
(Asosiasi Pengusaha Warnet Komunitas Telematika)
Kompleks Golden Plaza
(D'Best) Blok A.37
Jl. Rs. Fatmawati No.15
Jakarta 12410 - Jakarta Selatan
Telp: (021) 759 000 91 - 93
Fax: (021) 750 7545
Contact:
Rudi Rusdiah
(rusdiah@rad.ent.id)
HP: 0816774203)

---------------------------------------------------------------------------------------------

DIREKTORI GAME ONLINE

Warnet Game Online dengan Mengambil Lokasi di Ruko
Tujuh Bulan Sudah Bisa Balik Modal
Rata-rata 200 Pelanggan Setiap Hari

Berawal dari rasa ketertarikan terhadap dunia maya, sebastianus teguh sanjaya membuka usaha warnet dengan modal awal Rp. 100 juta di tahun 1999. TnT adalah nama yang dipilih untuk tempat usaha warnetnya. Dengan lokasi usaha yang stretegis dan dilengkapi café, membuat TnT selalu ramai dikunjungi pelanggan. Tidak kurang dari 200 pelanggan datang setiap hari. Tak ayal dalam tujuh bulan usahanya sudah bisa balik modal dan usahanya pun semakin berkembang pesat. Seperti apa persisnya konsep usaha warnet dan game online milik teguh ini?

Info lebih lanjut dapat menghubungi:

TenT
Jl. Summagung II Blok K5/2A
Kelapa Gading Permai - Jakrata Utara
T'enT 2
Jl. Boulevard Raya Blok PA 1
No.5-6 Kelapa Gading
Jakrata Utara
Telp: (021) 4523525 / 4529025
Fax: (021) 4504037
Website : www.t-en-t.com

---------------------------------------------------------------------------------------------

Warnet dan Game Online Dekat Sekolah dan Kampus Paling Ramai
Omset Rp. 18 Juta/Bulan/Cabang

Tak selamanya hobi main game berdampak buruk. Contoh saja Iie taufik yang akhirnya memutuskan membuka usaha game online di tahun 2001. meski modal dari orang tuanya, kini ia mampu mendapatkan penghasilan besar dari usaha internet dan game online dengan nama Sniper i-Net. Bahkan kini ia telah memiliki 4 tempat usaha dengan omset paling minim Rp. 18 juta/bulan dari tiap cabangnya. Seperti apa usahanya?

Info lebih lanjut dapat menghubungi:

Sniper i-Net:
* Jl. RS Fatmawati No.14 Pondok Labu, Jakarta Selatan
Telp: (021) 98522381

* Jl. HOS Cokroaminoto No.58
Cildug Tangerang
Telp: (021) 73452071

* Pertokoan Puri Beta Ciledug
Tangerang
Telp: (021) 734660312

* Pertokoan Botanical Resident
Blok H7 No.9 Joglo Jakarta Barat
Telp: (021) 58906373

---------------------------------------------------------------------------------------------

Pemilik Login-Net Khusus untuk Para Netters
Dikunjungi 150 Maniak Facebook setiap hari
Raup Omset Rp. 27 Juta/Cabang

Meledaknya popularitas jejaring sosial facebook memberi angin segar bagi pelaku usaha warnet. Adalah roy persaulian, pemilik Login-Net yang mengaku kebanjran pelanggan yang facebook-an hingga dini hari. Dalam sehari warnet yang berada di lokasi strategis dekat kampus, perumahan dan di pinggir jalan ini tak kurang di datangi 150 orang. Bahkan sebagian besar digandrungi banyak orang itu. Nah seperti apa geliat usaha warnet dan konsep apa yang membuat roy eksis hingga memiliki 5 buah warnet dengan omset sekitar 27 juta tiap cabangnya?

Info lebih lanjut dapat menghubungi:

Login-Net
Jl. Tebet Timur Dalam II No. 51C - Jakarta Selatan
Telp: 0811 899499

---------------------------------------------------------------------------------------------

Pelaku Usaha Game Online di Kompleks Perumahan
Menyulap Rumah Tinggal Jadi Arena Penggila Game Online
Sehari Dikunjungi Lebih Dari 100 Pemain Game
Raup Omset Rp.40 Juta/Bulan

Investasi usaha game online memang tidak kecil, namun pendapatan yang diterimanya pun cukup gede. Adalah ferdy ardy, pelaku usaha yang mengusung warnet plus game online, café, rental komik hingga butik kaos kartun animasi di kawasan kompleks perumahan yang terbilang sukses. Dengan nama Wiz Comicrazy Internet Café, fery mampu meraih omset hingga Rp. 40 juta tiap bulan. Seperti apa usahanya?

Info lebih lanjut dapat menghubungi:

Wiz Comicracy Café
Jl. Bintaro Utama Sektor V No.57
Tangerang.
Telp: (021) 7343820
READ MORE - Direktori Usaha Warnet dan Game Center

Direktori Usaha Budidaya & Olahan Salak



Bagi Anda yang tertarik untuk berbisnis Salak, berikut daftar direktori budidaya dan olahan salak yang berada di seluruh wilayan Indonesia.

A. PENJUAL SALAK SEGAR

Yayasan Muamar Sejahtera
Jl. Raya Malang Lumajang No.1
Ampelgading Malang, Jawa Timur
Telp: (0341)851016 / 081564810112

Maragunung Harahap
Jl. Raya Sibolga Km.8, Hutakoje
Desa Parsalakan, Angkola Barat
Tapanuli Selatan, Sumatra Barat
Hp. 081376541775

Mugiyanti
Purwobinangun, Sleman, Yogyakarta
Telp: 08197639790 / 08175457921

Toko Zalacca Tech
Tempel, Sleman, Yogyakarta
Telp: 081328732903 / 02747892853

Ayudha Corporation
Imam Yudo Prasetiyo
Jl. Raya Losarang Desa Karimun
No.38 RT/RW 05/01
Losarang - Indramayu 45253, Jawa Barat
Telp: (0234) 505029

CV. Arsam Pratama
Arief Syamsul
Jl. Rajawali No.23 Yogyakarta
Email: arsyame@gmail.com
Telp: 0852 2802 3393

Maryanto
Dusun Soka Martani Merdikorejo
Tempel Yogyakarta
Telp: (0274) 6516367, 08122790125

UD. Indo Makmur
Pasar Induk Kramat Jati los B
No.022 Jakarta Timur
Telp: 0218401640

Zaint Internation Company
Master Zaint
Wukirsari, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta
Telp: 081915540155

Salak Pondoh Arum Manis
Gunayancholis
Email: coboy_kampung@yahoo.com
Desa Pucung Sari, Kelurahan
Lamuk Kecematan Kaliwiro, Wono sobo
Telp: 081392524993 / (0274) 6503293


B. PENJUAL OLAHAN SALAK

UD. Barokah
Vita Ekawati
Jl. Borobudur agung timur IV No 12 Malang Jawa Timur
Email: vitaekawati@yahoo.com
HP: 081803816460 / 081333506917

CV. Astadirizki
Emy Dhurotu Ma'rifah
Perumahan Jati Asih Bekasi
Telp: (021) 8214358
HP: 081510064010

Fruit Eternity
Ricky Kurniawan
Jl. Tanjung no.43 Kudus, Jawa Tengah
Email: fruit_eternity@yahoo.com
Telp: (0291) 430123, (024) 91012310
HP: 081802418643

Fatur Rochman
Jl. Bago Utara 1 No. 8 Malang
65123, Jawa Timur
Telp: 08170525204 / (0341) 5448005

UD. Mawar Budi
Manraman Utara, Pegelaran Malang 67155, Jawa Timur
Email: ailsya12345678@yahoo.co.id
Telp: (0341) 7346482, 0888525644

Toko Asinan Asli Bogor
Jl. Ir H Juanda 90 16121 Bogor
Telp: (02251) 371555
Ferry
Jl. Sinar Budi, Gang O No.28 Jembatan Dua Jakarta Utara
Telp: 021 6681379 / (021) 6693633

Ending
Dramaga Pasar RT 01 RW 03
Gang Mushalla Dramaga, Bogor
Telp: (0251) 09374458 / 085880307100

Airis
Dusun Candi Turi Sleman Yogyakarta
Email: alris_info@yahoo.com
HP: 081904104584

Pusat Oleh Oleh Ksah Bali
Jl. Sumatra No.25 Denpasara, Bali
Telp: (0361) 262335


C. PENJUAL BIBIT SALAK

Sentra Prima Karya
Warsito Agung Prabowo
Duwet I Banjarharjo, Klibawang Kulon Progro Yogyakarta
HP: (074) 7145851, Telp: (0274) 7145851
Email: sentraprimakarya@yahoo.com

Rony Pranata
Bina Agro Mandiri, Jl. Bantul 119 Yogyakarta
Telp: (0274) 7153181 HP: 081227134411

CV Indomas Multisarana
Sugianto Saman
Jl. Kaliurang Km 8 Banteng Utama 88b, Sinduharjo, Ngaglik - Sleman
Yogyakarta
HP: 08132879668
Telp: 0274-6819899


D. BARANG MODAL

PT. Toko Mesin Maksindo
Show Room, Ruko Laguna
Kav 6-7 Jl. Sunandar Priyo
Sudarmo 31
Telp: (0341) 472248 (0341) 472249
SMS: 0812338616 (setiap hari, Pkl 08.00 - 16.00 Wit)
Hotline: (0341) 4345981, (0341) 4345982, (0341) 4345983, (0341) 7770016
Fax: (0341) 4345980

Indocitagro
Kabul Abdillan, S.T.P
Jl. Bambang Yuwono, No.929
Gondang
Nganjuk 64451, Jawa Timur
Telp: 0818387543 / (0358) 611487


E. ASOSIASI

Asosisasi Salak Nglumut Merapi
Jl. Raya Yogya - Magelang Km.21, Perakitan, Sucen, Salam, Magelang - Jawa Tengah
Telp: (0293) 588322 / 0817 411 6632 (H. Murtadho)

Direktorat Budidaya Tanaman Buah Direktorat Jenderal Hortikultura
Jl. AJP N 3 Pasar Minggu Jakarta Selatan
Telp: (021) 7806760 - 7816820
Fax: (021) 7816820

Pusat Kajian Buah-buahan Tropika (PKBT)
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Intitut Pertanian Bogor
Kampus IPB Baranangsiangm Jl. Raya Pajajaran - Bogor 16144, Indonesia
Telp: (0251) 8326881, 8382201
Fax: (0251) 8326881
Email: ipbfruit@indo.net.id
Website: http://pkbt.ipb.ac.id
READ MORE - Direktori Usaha Budidaya & Olahan Salak

Bodoh VS Pintar ala Bob Sadino

1. Terlalu Banyak Ide
Orang "pintar" biasanya banyak ide, bahkan mungkin telalu banyak ide, sehingga tidak satupun yang menjadi kenyataan. Sedangkan orang "bodoh" mungkin hanya punya satu ide dan satu itulah yang menjadi pilihan usahanya

2. Miskin Keberanian untuk memulai
Orang "bodoh"biasanya lebih berani dibanding orang "pintar", kenapa ? Karena orang "bodoh"sering tidak berpikir panjang atau banyak pertimbangan. Dia nothing to lose. Sebaliknya, orang "pintar"telalu banyak pertimbangan.

3. Telalu Pandai Menganalisis
Sebagian besar orang "pintar"sangat pintar menganalisis. Setiap satu ide bisnis, dianalisis dengan sangat lengkap, mulai dari modal, untung rugi sampai break event point. Orang "bodoh"tidak pandai menganalisis, sehingga lebih cepat memulai usaha.

4. Ingin Cepat Sukses
Orang"Pintar" merasa mampu melakukan berbagai hal dengan kepintarannya termasuk mendapatkahn hasil dengan cepat. Sebaliknya, orang "bodoh" merasa dia harus melalui jalan panjang dan berliku sebelum mendapatkan hasil.

5. Tidak Berani Mimpi Besar
Orang "Pintar" berlogika sehingga bermimpi sesuatu yang secara logika bisa di capai. Orang "bodoh"tidak perduli dengan logika, yang penting dia bermimpi sesuatu, sangat besar, bahkan sesuatu yang tidak mungkin dicapai menurut orang lain.

6. Bisnis Butuh Pendidikan Tinggi
Orang "Pintar"menganggap, untuk berbisnis perlu tingkat pendidikan tertentu. Orang "Bodoh" berpikir, dia pun bisa berbisnis.

7. Berpikir Negatif Sebelum Memulai
Orang "Pintar" yang hebat dalam analisis, sangat mungkin berpikir negatif tentang sebuah bisnis, karena informasi yang berhasil dikumpulkannya sangat banyak. Sedangkan orang"bodoh" tidak sempat berpikir negatif karena harus segera berbisnis.

8. Maunya Dikerjakan Sendiri
Orang "Pintar"berpikir "aku pasti bisa mengerjakan semuanya", sedangkan orang "bodoh" menganggap dirinya punya banyak keterbatasan, sehingga harus dibantu orang lain.

9. Miskin Pengetahuan Pemasaran dan Penjualan
Orang "Pintar" menganggap sudah mengetahui banyak hal, tapi seringkali melupakan penjualan. Orang "bodoh" berpikir simple, "yang penting produknya terjual".

10. Tidak Fokus
Orang "Pintar" sering menganggap remeh kata Fokus. Buat dia, melakukan banyak hal lebih mengasyikkan. Sementara orang "bodoh"tidak punya kegiatan lain kecuali fokus pada bisnisnya.

11. Tidak Peduli Konsumen
Orang "Pintar" sering terlalu pede dengan kehebatannya. Dia merasa semuanya sudah Oke
berkat kepintarannya sehingga mengabaikan suara konsumen. Orang"bodoh"?. Dia tahu konsumen seringkali lebih pintar darinya.

12. Abaikan Kualitas
Orang "bodoh" kadang-kadang saja mengabaikan kualitas karena memang tidak tahu, maka
tinggal diberi tahu bahwa mengabaikan kualitas keliru. Sednagnkan orang "pintar" sering mengabaikan kualitas, karena sok tahu.

13. Tidak Tuntas
Orang "Pintar" dengan mudah beralih dari satu bisnis ke bisnis yang lain karena punya banyak kemampuan dan peluang. Orang "bodoh"mau tidak mau harus menuntaskan satu bisnisnya saja.

14. Tidak Tahu Pioritas
Orang "Pintar" sering sok tahu dengan mengerjakan dan memutuskan banyak hal dalam waktu sekaligus, sehingga prioritas terabaikan. Orang "Bodoh"? Yang paling mengancam bisnisnyalah yang akan dijadikan pioritas

15. Kurang Kerja Keras dan Kerja Cerdas
Banyak orang "Bodoh" yang hanya mengandalkan semangat dan kerja keras plus sedikit kerja cerdas, menjadikannya sukses dalam berbisnis. Dilain sisi kebanyakan orang "Pintar" malas untuk berkerja keras dan sok cerdas,

16. Mencampur adukan Keuangan
Seorang "pintar" sekalipun tetap berperilaku bodoh dengan dengan mencampuradukan keuangan pribadi dan perusahaan.

17. Mudah Menyerah
Orang "Pintar" merasa gengsi ketika gagal di satu bidang sehingga langsung beralih ke bidang lain, ketika menghadapi hambatan. Orang "Bodoh" seringkali tidak punya pilihan kecuali mengalahkan hambatan tersebut.

18. Melupakan Tuhan
Kebanyakan orang merasa sukses itu adalah hasil jarih payah diri sendiri, tanpa campur tangan "TUHAN". Mengingat TUHAN adalah sebagai ibadah vertikal dan menolong sesama sebagai ibadah horizontal.

19. Melupakan Keluarga
Jadikanlah keluarga sebagai motivator dan supporter pada saat baru memulai menjalankan bisnis maupun ketika bisnis semakin meguras waktu dan tenaga

20. Berperilaku Buruk
Setelah menjadi pengusaha sukses, maka seseorang akan menganggap dirinya sebagai seorang yang mandiri. Dia tidak lagi membutuhkan orang lain, karena sudah mampu berdiri diats kakinya sendiri.
READ MORE - Bodoh VS Pintar ala Bob Sadino

Marah di Kantor Itu Merugikan!

Melampiaskan rasa marah di kantor sebenarnya sah-sah saja asalkan masih dalam batas kewajaran. Meski begitu para pekerja wanita tidak bisa seenaknya mengungkapkan rasa marahnya karena akan dicap sebagai orang yang mudah lepas kontrol dan ini bisa berdampak negatif pada karir. Sebaliknya dengan para pria, jika mereka marah maka lingkungan akan menganggapnya sebagai hal yang wajar. Tidak adil bukan? Tapi begitulah adanya.

Victoria Brescoll, mengungkapkan hal tersebut dalam bukunya yang berjudul "When Can Angry Woman Get Ahead?". Ia juga memberi contoh salah seorang tokoh terkenal Hillary Clinton yang baru mencalonkan diri sebagai calon presiden itu. Para simpatisan partai Republik di Amerika menilai Hillary sebagai calon presiden yang gampang marah.

"Berdasarkan pengalaman senator Clinton, wanita karir yang sering mengekspresikan rasa marahnya justru akan menurunkan kredibilitasnya, mereka dianggap tidak rasional dan mudah lepas kontrol," kata Brescoll.

Beberapa kajian sebelumnya memang menyebutkan bahwa marah bisa menjadi sarana komunikasi untuk menunjukkan dominasi seseorang kepada pihak lainnya, namun menurut Brescoll hal tersebut hanya berlaku untuk para pria saja.

Marah memang merupakan perasaan yang manusiawi, selain rasa sedih, gembira, atau menangis. Sayangnya dalam dunia profesional kita harus bisa memilah-milah jenis ekspresi yang ingin kita sampaikan. Jika tak ingin karir terhambat akibat emosi yang meledak-ledak, perhatikan hal-hal berikut:

Jika ada sesuatu hal yang tidak berkenan dengan diri Anda, jauhkan sikap emosional dan tetaplah bertindak profesional.

Saat emosi sedang meninggi, tinggalkan ruangan sejenak, pergi ke toilet atau berjalan kaki sebentar ke taman untuk menarik napas cukup efektif untuk menenangkan perasaan.

Ada kalanya tanpa kita sadari kita mungkin keceplosan dan mengeluarkan kata-kata yang sebenarnya tidak ingin Anda ucapkan. Jika itu terjadi, segeralah meminta maaf.

Bila Anda sedang menghadapi situasi yang menjengkelkan, berlarut-larut dan membuat stres, ambilah cuti beberapa hari untuk menenangkan diri. Manfaatkan waktu cuti untuk memanjakan diri agar saat masuk kembali pikiran Anda lebih segar dan emosi lebih stabil. (GCM/KompasWeb-An)
READ MORE - Marah di Kantor Itu Merugikan!

Wanita, Antara Karir dan Rumah Tangga

Di jaman teknologi informasi sekarang ini, sosok wanita karir yang sukses merupakan fenomena umum di kota-kota besar, sekalipun itu seorang ibu rumah tangga. Memang tidak sedikit wanita yang menjalani fungsi ganda, sebagai wanita karir maupun ibu rumah tangga. Bagi yang pandai menyiasati waktu, sukses di kedua bidang tersebut bukanlah hal yang mustahil. Namun bagi yang kewalahan membagi waktu, tak jarang harus mengalami salah satu kegagalan. Kondisi ini membuat wanita terpaksa harus memilih, rumah tangga atau karir.

Memang tidak mudah memainkan peran sebagai wanita karir atau wanita pekerja sekaligus ibu rumah tangga yang baik. Karena kedua dunia itu memiliki tuntutan dan konsekuensi yang sama beratnya. Banyak perusahaan menilai bahwa pegawai wanita kerap kurang profesional setelah menikah dan punya anak. Misalnya sering datang terlambat ke kantor dengan alasan mengurus rumah, suami, dan anak. Secara fisikpun wanita yang kelelahan mengurus rumah tangganya jadi sering tampil ‘berantakan’, wajah kuyu dan jarang tersenyum. Perusahaan pun sulit menuntut lembur ataupun menugaskan ke luar kota pada pegawai wanita yang sudah menikah dan punya anak. Seandainya ditugaskan, tak jarang mereka menolak karena alasan rumah tangga.

Namun, sejauh ini banyak wanita yang mengimpikan kesuksesan di kedua bidang yang saling berseberangan itu, sukses dalam karir dan bahagia di rumah tangga. Wanita dengan ambisi tersebut akan berusaha keras untuk mencapainya. Memang sulit meraih keduanya, tapi bukan tidak mungkin anda sebagai wanita dapat meraihnya. Lalu bagaimana caranya?

Sebelumnya, pertanyakan pada diri anda sendiri, hingga ke lubuk hati yang paling dalam. “Apakah saya masih ingin melanjutkan karir yang selama ini saya idamkan, walaupun saya telah berumah tangga..?”. Kalau jawaban anda “ya” berarti anda harus bersikap konsisten dan memiliki komitmen pada pilihan yang sudah anda tetapkan. Sikap ini dapat anda tunjukkan dengan bertanggung jawab penuh terhadap tugas-tugas yang dipercayakan perusahaan kepada anda tanpa melalaikan urusan rumah tangga. Dengan rasa tanggung jawab, anda tidak akan pernah merasa terbebani dengan tugas di kantor dan rumah. Jadikan bahwa pekerjaan adalah bagian dari rutinitas hidup anda. Sehingga anda akan mudah menikmati kedua peran, sebagai wanita rumah tangga dan wanita karir.

Hal penting yang harus anda lakukan adalah pengorganisasian dan pengaturan waktu seefisien mungkin. Dengan adanya dua peran yang harus dimainkan, anda perlu membuat ‘aturan main’ hingga kedua peran tersebut bisa dilakonkan sama baiknya. Belajarlah untuk membuat perencanaan yang terjadwal pada dua kegiatan yang berbeda, yaitu kegiatan rumah tangga dan kegiatan kantor. Tentunya anda harus mendelegasikan kegiatan di rumah pada orang lain, misalnya pada pembantu rumah tangga atau pada orang yang anda percaya mengurus rumah dan anak-anak anda. Untuk mengontrolnya, anda tetap bisa memantaunya dari kantor. Misalnya dengan meneleponnya setiap hari untuk menanyakan kondisi anak-anak dan rumah anda. Sehingga jika anda yakin situasi rumah aman terkendali, anda bisa lebih konsentransi dalam menyelesaikan tugas-tugas di kantor.

Jika perusahaan mengharuskan anda lembur atau tugas keluar kota, kalau tidak ada hal-hal yang lebih penting sebisa mungkin jangan menolaknya. Jelaskan pada suami, anak-anak dan pembantu rumah tangga tentang pekerjaan tambahan anda. Sampaikan pernyataan maaf anda karena waktu anda di rumah menjadi berkurang akibat pekerjaan tersebut. Jika harus keluar kota, selesaikan urusan rumah terlebih dulu. Pastikan semua kebutuhan rumah tangga telah terpenuhi. Dari luar kota jangan lupa untuk menghubungi orang-orang rumah dan kabarkan bahwa keadaan anda baik-baik saja. Dengan demikian selain suami dan anak-anak merasa lega karena anda dalam keadaan aman, anda pun merasa nyaman karena mengetahui kondisi mereka yang juga baik-baik saja.

Jangan pernah beranggapan bahwa wanita yang sudah menikah dan punya anak akan menurun produktifitas dan kinerjanya. Berusahalah untuk tetap produktif dengan tidak mendelegasikan tugas kantor pada rekan anda. Selesaikan semua pekerjaan hingga tuntas. Caranya adalah dengan membuat skala prioritas pekerjaan dan tidak menunda-nunda pekerjaan. Kerjakan tugas yang paling penting terlebih dulu, kemudian menyusul yang lain. Dengan skala prioritas, anda tidak akan pusing walaupun pekerjaan menumpuk di meja anda.

Anggapan yang juga perlu dijauhi adalah anggapan bahwa setelah berumah tangga, wanita akan terhenti karirnya. Biasanya orang menganggap wanita yang sudah menikah tidak bisa mencurahkan perhatian sepenuhnya pada pekerjaan. Buktikan kalau anda bisa merubah anggapan tersebut. Lebih bagus lagi jika anda tetap menumbuhkan minat untuk terus berkembang. Di samping itu, semangat kompetisi juga perlu dikembangkan. Diantaranya dengan banyak membaca dan mencari informasi yang berkaitan dengan bidang pekerjaan anda. Sehingga anda dapat melakukan pembaruan dan penyegaran ilmu serta wawasan, walaupun anda sudah berstatus ibu rumah tangga.

Manfaatkan waktu libur anda seefektif mungkin bersama keluarga. Tanggalkan urusan kantor jika anda tengah berkumpul bersama keluarga tercinta. Anda dapat melampiaskan kerinduan bersama keluarga dengan rekreasi, jalan-jalan atau hanya berkumpul di rumah. Jadikan waktu libur untuk ‘sharing’ dengan suami dan anak-anak. Sehingga ketika anda kembali bekerja, anda dapat lebih bersemangat. Satu hal lagi yang harus anda perhatikan, jangan tampil ‘lecek’ atau ‘kucel’, meskipun anda lelah mengurus rumah tangga. Tampilkan citra profesional setiap kali anda berangkat ke kantor dengan mengenakan busana yang sesuai dan menampilkan wajah yang segar serta percaya diri. Sehingga anggapan bahwa ibu rumah tangga tidak bisa tampil profesional di kantor, tidak berlaku untuk anda.

Dengan mencoba melakukan hal-hal di atas, diharapkan dapat membantu wanita untuk memainkan dua peran sekaligus, ibu rumah tangga dan wanita karir. Selebihnya gunakan ‘kecerdasan’ anda untuk menyelesaikan setiap masalah yang anda hadapi. Selamat menjadi wanita yang sukses di rumah dan kantor…! (GCM/Astaga!)
READ MORE - Wanita, Antara Karir dan Rumah Tangga

Distributor dan Agen HP murah


Berikut Direktori Bisnis untuk menjadi Distributor & Agent HP merk China untuk di seluruh Indonesia:


TAXCO

Distributor & Agent:
PT. Mikro Teknologi Indonesia
Kompleks ITC Roxy Mas
Blok D5 No2
Jl. KH Hasyim Ashari 125
(021) 6348219, 63862072

Hi-Tech, Star Tech dan K Touch

Distributor & Agent:
Wisma Dian Graha
Jl. Rawa Gelam III No 8
Kawasan Industri Pulo Gadung
Jakarta 13930

MITO Mobile

Distributor & Agent:
Ruko Harmoni
Jakarta Pusat
Telp: (021) 66695276
HP: 081905293222

Nexian

Distributor & Agent:
Jakarta Barat
Dua Mitra Cell
Mangga Dua Square Lt.3 Blok.B
No.62
Telp: (021) 99203888

Ponselindo
Roxy Square Blok. B5 No.9
Telp: (021) 70544888

Jakarta Pusat
Cahya Astro Niaga
Jembatan Niaga II Lt.3 Blok. KJ
Telp: (021) 62301261

Felixindo
ITC Roxy Mas Lt.3 No.63
Telp: (021) 63858858


I-Mobile

Distributor & Agent:
Club Ponsel
ITC Kuningan Lt.3 Blok.D No.10
Jl.Prof.Dr.Satrio, Kuningan - Jakarta Selatan
Telp: (021) 57935266

HUAWEI

Distributor & Agent:
Barat Cell
Mall Depok Lt.2
Jl. Margonda Raya Depok
Telp: (021) 98344644

ZTE

Distributor & Agent:
NaNO Seluler
Jl. Jambu No.72, Kedaung, Sawangan Depok
HP: 0818801421, (021) 95722732
READ MORE - Distributor dan Agen HP murah

Contoh Usaha Mandiri

Sebagai tips awal dalam membangun usaha mandiri ini adalah menempatkan seorang businessman pada posisi bagian keuangan / dana / ekonomi lembaga dakwah Anda. Berikut beberapa contoh usaha mandiri yang bisa dilakukan.




Penjualan kue, atau donat mungkin.


Biasanya mahasiswa jarang sarapan pagi, dan hanya membutuhkan makanan ringan setiap pagi. Anda bisa mengoptimalkan seluruh kader untuk jualan kue di kelas masing-masing. Memang keuntungan secara retail kecil, akan tetapi jika bisa dilakukan rutin dan dalam jumlah distribusi penjual yang besar akan berdampak pada keuntungan pula. Buat mekanisme bagi hasil dengan kader yang menjual kue, sehingga dapat sebagai pemasukan juga untuk kader yang membutuhkan.


Rental infokus

Harga infokus saat ini sudah cukup murah. Dengan 7.000.000 anda sudah bisa membeli sebuah infokus dengan kualitas baik. Setiap hari di kampus atau lingkungan sekeliling kampus. Mainkan harga dengan mematok harga sedikit dibawah standar, akan tetapi koita mencari tingginya frekuensi penggunaan infokus untuk disewa. Gunakan tambahan fasilitas screen sebagai bonus dan added value bagi lembaga dakwah kita dalam menyewakan infokus ini.


Fotokopi

Jasa fotokopi adalah usaha yang tidak akan terlepas dari kampus. Di dekat kampus pasti akan dibutuhkan jasa fotokopi ini. Membangun usaha ini memang akan membutuhkan effort banyak. Biaya alat fotokopi yang mencapai 15.000.000 merupakan tantangan tersendiri. Akan tetapi keuntungan yang didapat lebih pasti.


Bundel Catatan dan Soal

Mahasiswa biasanya enggan mencatat saat kuliah dan lebih memiliki belajar poin-poin pentings aja saat ujian. Anda bisa menjual bundel catatan dan soal mata kuliah tertentu untuk pemasukan dakwah. Catatan bisa kita ambil dari kader yang paling rajin di suatu program studi atau dari kawan Anda yang gemar mencatat. Untuk bundel soal, memang akan membutuhkan effort untuk menjawab soal yang ada. Keuntungan dari usaha ini sangat besar, apalagi jika Anda bisa memonopoli penjualan bundel catatan dan soal. Ribuan mahasiswa yang baru masuk akan menjadi primary target market.


Rumah Makan

Saya pernah melihat usaha ini di universitas hasanudin. Dimana mahasiswa mmebuka usaha tempat makan. Dengan rumah makan ini bisa memberikan kesempatan untuk lapangan kerja tentunya. Ada hal unik di UNHAS, yakni panitia yang sedang membutuhkan dana dapat "bekerja" di rumah makan tersebut dan keuntungan dari penjualan makanan akan menjadi pemasukan panitia. Hal ini yang membuat semangat pegawai yang notabene nya juga mahasiswa selalu bersemangat.


Buku

Membuat buku yang ditulis dari kader lembaga dakwah. Dimana buku ini dicetak dan diterbitkan oleh penerbit dan dana loyalti dapat menjadi pemasukan untuk lembaga dakwah. Usaha ini juga memicu kemampuan kader dalam menulis.


Pulsa

Berjualan pulsa handphone atau distributor pulsa. Usaha ini bisa lebih menguntungkan dengan beberapa kebijakan tambahan, seperti adanya kebijakan agar kader membeli pulsa disana. Atau membangun jaringan agen pulsa oleh mahasiswa di kampus. Untuk membangun usaha ini langkah awal yang perlu dilakukan adalah membangun pelanggan tetap.


Agribisnis

Bermodalkan sepetak tanah yang bisa ditanami, usaha ini menjanjikan dimasa datang. Terutama untuk kampus yang memilki jurusan yang berhubungan dengan agricultur tentu bisa menemukan formula terbaik dalam mengembangkan bisnis ini. Mahasiswa berperan dalam pemodalan dan mengembangkan konsep. Untuk pelaksana harian, Anda dapat memberikan kesempatan kepada yang membutuhkan pekerjaan.


Wartel, Warnet dan Rental Komputer

Usaha yang juga tidak bisa lepas dari dunia kampus. Memang usaha ini membutuhkan modal cukup besar. Akan tetapi BEP dari usaha ini cukup cepat, sehingga 1-2 tahun dapat sudah meraih keuntungan.


Laundry

Mahasiswa biasanya kost ketika kuliah, dan mahasiswa biasanya juga malas atau bahkan tidak bisa mencuci. Jasa cuci kiloan saat ini menjadi bisnis yang digemari, karena berbanding lurus dengan jumlah mahasiswa.


Kost-kostan

Anda dapat saja membeli atau menyewa sebuah rumah dan memetakkannya untuk dijadikan kost-kostan. Cari tempat yang strategis dan sewakan dengan harga yang menguntungkan bagi lembaga dakwah. Buat sasaran peruntukan kost, apakah untuk tingkat menengah keatas atau menengah kebawah. Kost ini juga dapat sebagai tempat pembinaan kader.

Bimbingan Belajar

Mahasiswa punya kemampuan untuk mengajar siswa SD, SMP, SMU. Buat sebuah lembaga bimbingan belajar dibawah lembaga dakwah. Staf pengajar bisa berasal dari kader atau mahasiswa lain. buat sistem mengajar yang baik dan mekanisme pengaturan pengajar dan publikasi yang baik. Maka siswa akan cepat mendaftar, ini usaha yang cukup cepat untuk mendapat keuntungan.


Jasa Desain

Menjual desain produk, atau desain visual dari kaos, pin, jaket, logo, media publikasi dan lainnya. Memanfaatkan potensi desain dari kader untuk mendesain. Harga jual sebuah desain tidak terbatas harganya. Bisa dibuat inkubasi ide desain diantara kelompok desain ini. Di kampus, terdapat puluhan kegiatan setiap bulannya. Maka jasa desain akan sangat dibutuhkan.

Percetakan

Menyediakan jasa untuk memproduksi barang-barang media seperti pin, spanduk, umbul-umbul, dan baligo. Sasaran utama adalah lembaga mahasiswa lainnya. Tawarkan harga yang lebih murah untuk mahasiswa sehingga akan banyak pelanggan yang akan datang.


Konsultan dan Training

Untuk lembaga dakwah kampus yang sudah memiliki pengalaman dan kader yang berkompeten di bidang manajemen dakwah. Usaha ini bisa dilakukan, kebutuhan akan trainer dan konsultan dakwah berkembang pesat seiring kebutuhan percepatan lembaga dakwah. Pemasukan berasal fee yang diberikan kepada trainer.


Bekam

Jasa bekam saat ini mulai berkembang, dan mahasiswa sudah mulai bisa melakukan pengobatan bekam ini. Bisa dikembangkan usaha ini sebagai jasa kesehatan yang lumayan menguntungkan. Modal yang dibutuhkan hanya alat bekam saja.


Penerbit

Percetakan buku, sebuah usaha yang membutuhkan waktu yang cukup lama dan jaringan distribusi yang besar. Pada awalnya Anda dapat bekerjasama dengan percetakan tertentu karena alat pencetak buku realatif mahal. Akan tetapi harga jual buku dapat Anda sesuaikan, dengan penerbit dari lembaga dakwah Anda, jumlah keuntungan jaug lebih besar ketimbang memasukan buku ke penerbit lain.


Konveksi

Menyediakan jasa untuk memproduksi jaket, kaos, dan lainnya. Sasaran utama adalah lembaga mahasiswa lainnya. Tawarkan harga yang lebih murah untuk mahasiswa sehingga akan banyak pelanggan yang akan datang.


Transleter

Dengan memanfaatkan kemampuan bahasa Asing kader , Anda dapat membuka jasa menerjemahkan tulisan ke bahasa Indonesia. Ini merupakan pengembangan usaha mandiri dengan memanfaatkan potensi kader.


Usaha berbasis Kompetensi

Setiap proogram studi mempunyai kekhasan tersendiri, dan kemampuan masing-masing. Gunakan potensi akademik kader untuk mencari dana untuk dakwah, apakah dengan proyek atau dengan produk.

Tentu masih banyak lagi contoh yang belum disebutkan, saya memang hanya menyampaikan bentuk akhirnya saja. Saya berkeyakinan, jika Anda telah mengetahui hasil akhir dari sebuah usaha, Anda akan dapat berinovasi untuk memenuhi target yang di inginkan. Saat ini usaha yang sangat diharapkan berkembang adalah usaha ilmu atau jual pengetahuan dan teknologi. Manfaatkan segala potensi internal untuk membangun usaha mandiri.

Salam Bisnis...
READ MORE - Contoh Usaha Mandiri

Direktori Usaha Budidaya Jamur


SENTRA YOGYAKARTA

Pusat pengembangan dan pelatihan Agribisnis jamur ST Agro Merapi
Dsn Grogol Umbuharjo Cangkringan, Sleman, Yogyakarta 55583
Telp: (0274) 741 2500, 0818 273 467
Web: www. Mediagromerapi.com

Koperasi Jamur Lancar
Telp: 0813 2860 5572 (Mas Kardi)

Gamah-Gambretan
Telp: (0271) 7483081

Tri-Pakem
Telp: (0274) 555 5551, 896 739

Jumi-Turi
Telp: (0274) 702 3716

CV Vanindo-Tempel
Telp: (0274) 783 8816

Agro Jamur Lestari-Solo
Telp: (0271) 3022 501, 729 7926

Budidaya Shitake
Ds. Boyong Kali Urang
Telp: (0274) 749 0574, 08132878

Petani ST Agro Merapi Karno (Jamur Tiram)
Bulu Pitan Kanamon, Klaten
Telp: 0813 2958 0510

Bacthiar (Jamur Tiram)
Telp: 0815 5676 2000

Ferry-Bengkulu
Telp: 0813 6898 4868

Wagio-Condong Catir Jogya
Telp: (0274) 7494917, 863 9595


Setiono-Parang Tritis
Telp: 0858 5035 3035

Susendro-Parang Tritis
Telp: (0274) 6897 740


SENTRA BANDUNG


Arif Hidayat
Jl. Kb Cau Cisarua Bandung
Telp: 0852 2233 4158

Inti Jamur Raya
Pasar Ahand, Cikole Bandung
Telp: (022) 2789 404

Oester Mushroom
Jl. Kol Mastruri No. 54 RT 03 RW 02
Cibadak Ciasrua Cimahi Bandung
Telp: (022) 2700 426, 0813 395319528

Dio Mushroom
Jl. Kol Masturi No. 319 Cisarua Cimahi 5051 Jawa Barat
Telp: (022) 8701 052, 2700 965

Citi Mandiri
Jl. Kol Masturi No. 290 Ds Kec Cisarua, kab Bandung
Telp: (022) 2700 324

Mandala Mushroom
Jl. Kol Masturi No. 299 Cisarua, kab Bandung
Telp: (022) 2700 2434

Hanjung Jamur
Jl. Cihanjung RT 02 RW 08 Cihanjuang Bandung
Telp: (022) 661 1030



SENTRA MADIUN

Mitra Aji Saka Jamur
Desa Mojo Purno, Kec Madiun
Koordinator: Bachtiar
Telp: 0812 3408 354

Kec Bonsari
Koordinator: Aji Mustaqim
Telp: 0812 5978 564

Desa Garon, Kec Balerejo
Koordinator : Agus
Telp: (0351) 7738 095

Kec Ngawi
Koordinator: Maryadi
Telp: (0351) 7618 180 (Harto)

Mitra ASJ di luar daerah:
Pacet Soleh (0321) 690 592
Surabaya: Yasmin (031) 3536 362
Pekalongan: Dino (0815 4809 4171)
Pandeglang: Nana (0813 8464 0758)
Lampung: Sumirno (08526911 9119)
Tubang: Siswo (0858 5408 6715)
Bengkulu: Wanto (0811 731 338)
Samarinda: Ery (0813 5050 9260)
Banjarmasin: Salmawi (0811 510 353)
Palembang: Rizal (0813 6749 9555)
Pangkalan Embun, Kalimantan Tengah: Agus (0812 5000 896)
Makasar: Darmawangsa (0411 4071 555)



DAFTAR PENJUAL JAMUR

Asosisasi Pembudidayaan Jamur Indonesia (APJII)
Jl. Waru 3-W2, Pangkalanjati Jakarta.
Telp: (021) 7535752 / 0816807513

Berkah Argo
Pakem Sleman Yogyakarta
Telp: 081334086549 (Muhlis)

Maika Lingzhi
Bulus Kulon Sumberagung Jetis
Bantul Yogyakarta
Telp: 08122753544 (Lemah Teguh)

Toko Jamur TC 99
Jl D Limboto Tmr A-5 I 22
Malang 65139
Telp: (0341) 713792

Reishindo Inti Jamur
Perum Candi Gebang Permai Sleman 30555, Yogyakarta
Telp: (0274) 7493194, 0815 7852 7599 (Yandi noviansyah)

PT Agrotek Lestari
Jamur Shitake dan Kuping
Jl. Banjir Kanal No.27, Grogol Jakarta 11480
Telp: (021) 99647814 (Amir)

Niko
Jl. Guruh Moh. Dahlan RT 01 RW 08 no.09 Desa Pabuaran (Citayam)
Telp: (021) 99893140, 081383031742, 087878189546



SUPLIER SERBUK GERGAJI

Ngolo
Magetan, Jawa Timur
Telp: 0857 3501 7342

Sugeng
Pacitan, Jawa Timur
Telp: 0855996 7528
Asep Cikalong Bandung, Jawa Barat
Telp: 0819 1069 132 / 0813 9545 5946
Omeng Bandung, Jawa Barat
Telp: 0817 9250 930


KURSUS BUDIDAYA JAMUR

UD Aji Saka Jamur
Desa Bibrik RT 10 RW 04 Kec Jiwan Kab. Madiun
Telp: (0351) 7714145, 7725368
E-mail: ajisakajamur@yahoo.co.id
Website: www.ajisakajamur.com

Sanggar Tani Media Agro Merapi
Dusun Grogol Umbuharjo Cangkringan, Sleman Yogyakarta 55583
Telp: (0274) 741 2500, 0818 273 467
Email: info@mediaagromerapi.com, mediagromerapi@yahoo.com
Website: www.mediagromerapi.com

Pusat Ilmu Hayati ITB
Pusat ilmu hayati ITB Bandung
Jl. Ganesha 10, Bandung 40132
Telp: (022) 2509165
Email: hayati@hayati.itb.ac.id
READ MORE - Direktori Usaha Budidaya Jamur

Apakah Mimpi Anda di Dalam Hidupmu?

Apakah mimpi anda pada saat anda meninggalkan bangku sekolah / kuliah untuk melanjutkan hidup? Apakah anda ingin bekerja di perusahaan untuk mencari jabatan? Apakah anda bermimpi pada saat anda meninggalkan bangku sekolah/kuliah untuk menjadi pemimpin? yang menentukan itu adalah diri anda sendiri.

Apakah saudara pernah bermimpi hingga kelak lulus anda akan mendirikan usaha untuk mempekerjakan banyak orang?

Saya sarankan tidak ada salahnya menjadi karyawan di sebuah perusahan untuk memperdalam ilmu bisnis yg anda miliki, tetapi jangan bekerja di perusahaan tersebut untuk mengantungkan hidup, tetapi anda bisa membuka usaha di tempat lain.

Yang sesuai dengan yg anda kerjakan di perusahan tsb dan anda bisa mempraktekkan pengalaman anda di perusahaan tsb kedalam usaha yg anda rintis untuk masa depan yg anda impikan untuk menjadi pemimpin.

Boleh kita lihat di masyarakat kita banyak potensi manusia yg pintar2 tetapi mereka betah / mengantungkan hidupnya dari T4 mereka bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya tanpa memikirkan kelak apabila ada terjadinya pada perusahaan mereka bekerja terjadi yg tidak diinginkan yaitu bangkrut.Disinilah kita di pacu untuk menjadi seorang pemimpin yg sesungguhnya bukan pemimpin yg tidak berpotensi di masa depan.

Coba anda perhatikan banyak orang yg tidak ada persiapan di masa depan, pada saat mereka merasa memiliki semuanya. tiba kelak apa yg dia miliki telah berpindah kepada orang lain disinilah mereka merasa gagal menjadi apa yg mereka impikan selama ini.

Padahal bagi seorang pemimpin yg bijak harus mempersiapkan masa depan yg baik bagi keluarga dan bagi semua orang karena potensi yg dia miliki pada saat ini dia manfaatkan untuk masa depan yg indah tanpa takut apa yg akan terjadi karena sudah di persiapkan pada masa mudanya,yaitu membuka usaha.

Ada seorang anak dari kampong baru tamat sekolah dan dia bermimpi ingin mencari pekerjaan di kota besar dan dia ingin bekerja di sebuah perusahaan menjadi buruh.setibanya dia di kota besar dia melihat label perusahaan tsb dia berkata di dalam hatinya saya akan bekerja di perusahaan itu menjadi buruh.dan dia membuat lamaran pekerjaan ke perusahaan tsb dan dia di terima menjadi buruh di perusahaan tsb, dan hatinya sangat senang.saya mau Tanya apakah impian anak tsb sudah tercapai ingin bekerja di kota besar menjadi buruh pabrik? Ya sudah tercapai.

Banyak orang meninggalkan kampong halamanya hanya bermimpi ingin menjadi buruh pabrik di kota besar, tanpa ada mimpi yg lebih besar yg dia harapkan dan dia sudah merasa puas apa pekerjaan yg dia miliki yaitu menjadi “BURUH PABRIK’’.

Tanpa dia memikirkan apa yang akan terjadi kelak pada perusahaan T4 dia bekerja. Tibalah saatnya Krisis Global yg mengguncangkan dunia yang tidak pernah timbul di dalam pikiranya karena dia sudah merasa puas dengan apa yang dia miliki yaitu menjadi “BURUH” dan terjadilah di perusahaan dia bekerja pengurangan karyawan yaitu PHK dan anak tadi itu yg tidak pernah memikirkan apa yg akan terjadi dengan masa depan terkena imbasnya dia di PHK hilanglah pengharapanya untuk tinggal di kota besar dan dia merasa tidak puas apa yg dia hadapi, inilah kisah yg hanya meletakkan Impanya ingin menjadi Buruh tanpa ada mimpi untuk menjadi pemimpin.

Banyak orang seperti kisah diatas, rela meninggalkan kampong halamanya dan berangkan kekota besar untuk melanjutkan hidup menjadi buruh tanpa memikirkan masa depan yg lebih cerah. Karena mereka merasa gengsi untuk memulai usaha, ada yg merasa puas dengan pekerjanya, ada yg tidak mau merubah nasib hidubnya dan menerima apa adanya sama seperti sungai mengalir kemana lebih rendah ikut terbawa arus (Tidak memiliki tujuan hidupnya ).orang2 seperti inilah yg tidak akan berhasil menjadi pemimpin karena mereka menerima apa adanya dan tidak memiliki mimpi di masa depan yg lebih indah.Perlu saya tegaskan untuk menjdi pengusaha bukanlah masalah di modal atau tempat(lokasi) yg paling penting adalah kemauan dan ketekunan.

Kemauan disini adalah ada mimpi yang ingin dia kejar dan dia mengiginkan impian dia itu tercapai dengan sukses bukan impian yg tidak terarah.

Ketekunan disini adalah buka hanya untuk memulai usaha tetapi benar2 dilakukan dengan sepenuh hati dan bukan karena terpaksa. Coba anda perhatikan di sekeliling anda banyak pedagang, apakah pernah memperhatikanya apakah pernah terlintas di pikiran anda berapa penghasilanya sehari?Saya buat contoh, seorang pedagang bakso keliling dia berdagang dari jam 9 Pagi sampai dengan jam 9 malam.yaitu 12 jam kerja dan dia bisa menjual bakso 200 porsi berapakah penghasilan tukang bakso sehari bandingkan dengan peghasilan anda. Dalam satu hari tukang bakso bisa menjual bakso 200 porsi(Mangkok bakso) dengan satu porsi di hargai Rp 5000,- berarti tukang bakso tsb dalam sehari bisa mendapatkan uang sebesar; 200 porsi x Rp 5000,- =Rp1000.000,-/Hari mari kita hitung berapakah penghasilan tukang bakso tsb dalam sebulan? 200 porsi x Rp5000/porsi x 30 hari yaitu 200 x 5000 x 30 =Rp 30.000.000-, Coba anda bandingkan dengan penghasilan anda dalam satu bulan dari perusahaan anda bekerja? Jelas anda jauh di bawah.

Saya mau tanya apakah modal tukang bakso tsb membutuhkan modal yg sangat besar? Tidak. Tetapi situkang bakso tadi ada kemauan dan tekun untuk mengeluti usahanya yaitu Bakso. Pernahkan anda memikirkan hal sepele ini...?? Dan di balik ini semua bukan langsung sesukses ini bisa menjual 200 porsi perhari tapi dia memulai dari Nol mungin dari beberapa porsi terjual sehari tapi berkat kegigihan dan ketekunan dan tidak pernah putus asa, sehingga menjadi seperti sesukses ini, dan bahkan bukan sampai disini target penjualan tapi masih ingin menambah omset pejualan karena mimpi yg di inginkan di masa depan bukan menjadi tukang bakso keliling tetapi jadi tukang bakso setarap dengan Restourant besar dan memiliki beberapa cabang dan bahkan ingin memperluas cabang hingga keluar kota bahkan propinsi.

Kalau anda menghitung dan membandingkan penghasilan anda di perusahan dengan tukang bakso di dalam satu jam dengan penjualan bokso 200 porsi sehari maka tukang bakso mendapat upah 200 x 5000 = 1000.000 : 12 Jam, maka gaji tukang bakso satu jam adalah Rp 83.333/Jam. Bandingkan dengan gaji kita di perusahaan berapa kita di bayar satu jam kerja?

Apabila anda selama ini mengabdikan diri sebagai buruh pabrik dan anda kena imbas dari krisis global anda harus mengucapkan Selamat datang di “DUNIA KERJA BARU” yaitu anda harus merobah pradikma pikiran anda dari buruh pabrik menjadi pengelola usaha sendiri yaitu Pemimpin. Anda harus memulainya dengan pengalaman2 yang pernah anda kerjakan di perusahaan, apakah latar belakang anda di perusahaan seorang operator di perusahaan boneka, konveksi dll. Sekarang saatnya anda mengembangkanya menjadi usaha anda sendiri bukan bekerja di tempat orang melainkan jadi pengusaha. Ataupun jabatan apa anda di perusahaan jangan pernah berdiam diri atau merasa tidak punya pengharapan karena putusnya pekerjaan.justru inilah saatnya anda mengambil keputusan yang tepat yaitu memulai usaha sendiri.

Jangan pernah merasa malu dan merasa tidak mampu untuk memulai usaha di bidang apa pun yang penting prosfeknya bagus.

Salam Bisnis...
READ MORE - Apakah Mimpi Anda di Dalam Hidupmu?
Tips Menghindari Penipuan Berkedok Asuransi

Pemilik (Cadangan) Emas Terbesar Dunia, Indonesia Di nomor 37

Mengintip Tips Perjalanan Para Eksekutif Bisnis

Blue Ocean Strategy

Tips Membeli Emas Batangan, Emas Perhiasan & Emas Putih

Sales People: Amatir VS Professional

7 Kesalahan Terbesar dalam Marketing

Keterampilan Dasar Sales: Sudahkah Anda Miliki?

10 Konsep Marketing untuk Usaha Kecil

Peluang Usaha di Tahun 2010 yang Bakal Exis

8 Point Sederhana untuk Merebut Peluang Bisnis

9 Langkah Sukses Entrepreneur

10 Cara Efektif Mengurangi Hutang-Hutang Anda

Wanita-Wanita Berpengaruh dalam Bisnis

Kiat Sukses Usaha Waralaba

Bagaimana Mendanai Usaha?

Mengapa Hanya Sedikit Orang yang Sukses ?

Investasi di Bisnis Online, Kenapa Tidak?

Tak Takut Kaya, Tak Takut Miskin

Membuat Pelanggan Senang Berbelanja di Toko Anda

Tips Meningkatkan Pendapatan Adsense

Kunci Menuju Great Customer Service

Menciptakan Service Excellence Untuk Layanan Online

4 Kunci Utama dalam Melayani Pelanggan

Mengenali Faktor-faktor Kepuasan Pelanggan

Cara Memasarkan Produk Bisnis Online

Tips Bisnis Online Pemula :)

Tips Memulai Usaha Makanan

Tips Membangun Bisnis Cafe

Karakteristik Pengusaha Sukses

7 Tips Menjalankan Peluang Usaha Rumahan

Sukses Mengelola Wirausaha/Bisnis Online

Tips Cerdas dan Aman Memilih Asuransi

Tips Ampuh Menghapus Hutang Kartu Kredit

Tips Cerdas Menjadi Seorang Jutawan

5 Aspek Kesuksesan

5 Hukum Investasi Sepanjang Masa

Usaha Dengan Modal di Bawah 1 Juta

Pilih Investasi yang Menguntungkan

Inilah Siklus Karir Anda

4 Modal Menjadi Entrepreneur (Ternyata Bukan Uang)

Bagaimana Menjadi Komunikasi Yang Handal

Bodoh VS Pintar ala Bob Sadino

Contoh Usaha Mandiri

Apakah Mimpi Anda di Dalam Hidupmu?

How To Start a Business

Pilih Cara Mana Menerjuni Dunia Bisnis?

Memulai Usaha Sendiri

Cara Mem-Franchise-kan Usaha Anda